Menguak Bisnis Tokek di Pesta Buku Jakarta 2010

toke1

toke1Pengunjung Pesta Buku Jakarta 2010 begitu penasaran dengan adanya dua buah kandang di stand AgroMedia Pustaka pada Sabtu siang, (10/07). Kehadiran dua ekor tokek pada talkshow buku Dahsyatnya Bisnis Tokek ini tak ayal langsung membuat pengunjung penasaran.

toke3Siapa yang menyangka, tokek yang selama ini dianggap hewan biasa saja ternyata bisa menghasilkan uang jutaan bahkan miliaran rupiah. Hal inilah yang sudah dirasakan oleh Ir. Agus Susilo, penulis buku Dahsyatnya Bisnis Tokek.

Pada kesempatan itu, Agus bersama Purwadaksi Rahmat mencoba memberikan informasi seputar hewan yang menyerupai cicak ini, baik dari segi bisnis, cara menghitung berat tokek, hingga jenis tokek yang terdapat di pasaran.

Menurut pria yang saat itu mengenakan kemeja abu-abu itu, untuk tokek berukuran 2,5 ons saat ini bisa dihargai antara Rp10 – 15 juta. Ia juga menawarkan kepada para pengunjung, jika ada yang memiliki tokek dengan berat 2 atau 2,5 ons ia akan membelinya secara langsung.

toke6Harga jual tokek memang bisa sangat fantastis jumlahnya. Namun, semua itu tidak lepas dari berat tokek. “Berat badan tokek bisa menurun,” katanya. “Nah, kalau ingin tahu berat tokek sesungguhnya, ada baiknya Anda hitung dulu berat kandang yang akan digunakan oleh tokek. Berat tokek sesungguhnya adalah hasil dari total berat kandang yang berisi tokek dikurangi berat kandang sebelum diisi tokek,” lanjutnya.

Sayangnya, bisnis tokek yang belakangan mulai booming ini harus dinodai dengan hadirnya produsen-produsen nakal. “Saya pernah menemukan tokek yang disuntik silikon. Jadi terlihat sangat besar,” kata Agus.

Dalam talkshow yang berlangsung selama lebih kurang dua jam ini, Agus juga memberika tip-tip seputar tokek. Pengunjung yang bertanya mendapatkan merchandise berupa buku-buku terbitan AgroMedia Pustaka.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.