Manfaat Serat Bagi Tubuh

Kehadiran serat dalam pola konsumsi makanan kita memang sangat penting. Namun, mengapa masyarakat masa kini lebih memilih makanan yang praktis dan siap santap?

Makanan tinggi serat sangat baik dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Serat makanan sebenarnya memiliki fungsi memiliki fungsi penting yang tidak tergantikan oleh zat lainnya.

Serat larut yang berbentuk viskus, misalnya, dapat memperpanjang waktu pengosongan lambung. Sementara itu, guar dan pektin memperpanjang transit time di usus. Serat makanan juga berpengaruh terhadap hormon intestinal (pencernaan dalam usus), kalsium, zat besi, seng, dan zat organik lainnya.

Namun, serat juga dapat mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga berpengaruh terhadap sirkulasi enterohepatik kolesterol (peredaran darah tidak langsung melalui hati menuju jantung).

Di dalam usus besar, serat difermentasi oleh bakteri kolon dan akan menghasilkan asam lemak rantai pendek (short chain fatty acid). Asam lemak ini dapat menghambat mobilisasi lemak dan mengurangi glukoneogenesis sehingga berpengaruh pada pemakaian glukosa, sekresi insulin, dan pemakaian glukosa oleh sel hati.

Serat juga berfungsi untuk mencegah kanker kolon. Di dalam kolon, serat makanan ini akan menyerap air sehingga volume fases menjadi lebih besar dan akan merangsang saraf pada rectum. Rangsangan ini akan menimbulkan keinginan untuk defekasi (mengeluarkan fases). Fases yang mengandung serat akan lebih mudah dieliminir (dikeluarkan).

Sedangkan serat makanan yang menyerap asam empedu, mampu mencegah terjadinya karsinoma kolorektal (kanker bagian usus besar kolon-rektum). Selain itu, serat makanan juga bisa mengurangi asupan kalori. Diet rendah kalori yang disertai diet tinggi serat bermanfaat untuk mengatasi masalah kegemukan (obesitas).

Manfaat serat ini ditulis Rusilanti & Clara M. Kusharto dalam buku Sehat dengan Makanan Berserat yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Melalui buku ini, Anda bisa mengetahui bahan makanan apa saja yang merupakan sumber serat dan 30 resep aneka makanan berserat yang bisa dimasak di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.