Media Tanam yang Tepat untuk Anthurium Daun

Media tanam memiliki fungsi yang cukup penting bagi tanaman, yaitu sebagai tempat tumbuh kembang tanaman dan penyedia air dan unsur hara bagi tanaman. Secara umum, media tanam dapat dikatergorikan menjadi dua, media tanam tanah dan nontanah.

Berbicara mengenai media tanam, berarti kita membicarakan salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk membuat anthurium daun Anda terlihat lebih indah dan elok. Dalam hal ini, yang patut dijadikan pegangan adalah kesesuaian antara media tanam dengan karakter fisik dan fisiologis tanaman.

Selama ini, media tanam yang biasa digunakan pekebun anthurium adalah cacahan pakis dan sekam bakar. Namun, ada juga yang menambahkan pupuk kandang atau kompos ke dalam media tanam untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman.

Media tanam ini sangat penting dijaga kualitasnya. Hal itu dimaksudkan agar tanaman anthurium yang Anda miliki tetap hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik.

Penyiraman yang terlalu sering, penggunaan pupuk dan pestisida kimia secara berlebihan, penggunaan air siraman yang mengandung racun, dan serangan hama penyakit adalah beberapa faktor yang dapat menurunkan kualitas media tanam anthurium.

Jika hal itu terjadi pada tanaman anthurium Anda, gunakanlah pupuk dan pestisida organik untuk menghindari masalah-masalah tersebut. Pupuk dan pestisida organik ini juga dapat memperbaiki kualitas biologi media tanam yang Anda gunakan.

Lantas, bagaimana dengan tata cara penggantian media tanam anthurium? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan media tanam dan pot pengganti. Masukkan media tanam baru ke dalam pot pengganti sebanyak 20% dari volume pot.
  • Keluarkan tanaman dari pot lama dengan cara membalikkan pot. Jika tanaman sulit dicabut, coba pukul-pukul sisi luar pot agar seluruh media tanam terlepas.
  • Setelah tercabut, pangkas akar yang rusak atau busuk.
  • Buang seluruh media tanam yang menempel pada akar. Jika ada masalah penyakit, cucilah akar dengan air mengalir hingga bersih, lalu basuh dengan larutan fungisida dengan konsentrasi 1 gram/liter air atau larutan desinfektan seperti karbol dengan konsentrasi 1%.
  • Masukkan tanaman ke pot baru yang sudah disiapkan dan tambahkan media tanam hingga pot penuh.

Mengenai media tanam yang tepat untuk anthurium daun ini, selengkapnya dapat Anda temukan dalam buku Media Tanam & Pupuk untuk Anthurium Daun karya Nurheti Yuliarti & Redaksi AgroMedia Pustaka. Buku ini juga mengungkapkan komposisi media tanam yang tepat untuk anthurium daun, plus galeri anthurium.

2 thoughts on “Media Tanam yang Tepat untuk Anthurium Daun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.