Memanfaatkan Limbah untuk Membuat Biogas

Menghasilkan-Biogas-dr-Aneka-Limbah

Menghasilkan-Biogas-dr-Aneka-LimbahNaiknya harga BBM tentu sangat berpengaruh terhadap ekonomi Anda, terutama bagi ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, kelangkaan BBM juga kerap terjadi padahal permintaannya terus melonjak tinggi untuk berbagai kebutuhan. Karenanya, untuk mengurangi beban masyarakat, pemerintah mulai menggalakkan riset di bidang energi alternatif, salah satunya ialah biogas.

Biogas bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi dengan harga yang murah serta ramah lingkungan. Biogas merupakan teknologi pembentukan energi dengan pemanfaatan limbah, seperti limbah pertanian, peternakan, dan limbah manusia. Sumber energi biogas memiliki keunggulan dibandingkan dengan sumber energi lainnya. Selain ramah lingkungan, biogas juga termasuk energi yang memiliki renewable, yaitu bisa diperbarui dan mudah diperbanyak.

Selain itu, bahan baku pembuatan biogas dapat kembali didaur ulang secara mudah untuk dijadikan pupuk organik. Perputaran pengolahan biogas ini bisa mendatangkan penghasilan yang bisa dijual. Keuntungan pengolahan biogas ini tidak hanya dirasakan oleh pengolah, tapi juga oleh lingkungan sekitar.

Prinsip dasar teknologi pengolahan biogas dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi tanpa oksigen untuk menghasilkan campuran dari beberapa gas, seperti metan dan CO₂. Biogas dihasilkan dengan bantuan bakteri metanogen dan metanogenik. Umumnya, biogas diproduksi menggunakan alat yang disebut reaktor biogas (digester) yang dirancang kedap udara (anaerobik) sehingga proses penguraian dapat berjalan optimal.

Buku “Menghasilkan Biogas dari Aneka Limbah” ini akan menjelaskannya kepada Anda secara lengkap mengenai pengolahan energi biogas. Buku ini ditulis oleh Sri Wahyuni, SE. MP, seorang dosen Bioenergi dan Biosurfactan yang juga merupakan pelopor pembuatan peralatan dan perlengkapan biogas. Tentunya, terapan teknologi biogas yang ditulis dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini tidak hanya berdasar atas fakta ilmiah, tapi juga berdasarkan fakta lapangan.

Di dalamnya Anda akan mendapati penjelasan mengenai biogas sebagai solusi alternatif energi, proses terjadinya biogas melalui berbagai tahapan penjelasan, membangun instalasi biogas dari fiber glass, mulai dari menentukan lokasi, ukuran, jenis, menyiapkan bahan, membangun digester, hingga memelihara instalasi biogas. Selanjutnya, tentang teknis pembuatan biogas dari berbagai jenis limbah, seperti limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah sampah organik, dan limbah kotoran manusia.

Setelah Anda berhasil memproduksi biogas, Anda juga akan diajak mengaplikasikan biogas tersebut ke dalam berbagai kebutuhan, mulai dari mengaplikasikan energi biogas untuk menghidupkan generator listrik, kompor gas, lampu, pompa air, hingga rice cooker biogas. Sebagai penghasilan sampingan lainya, Anda juga diajarkan bagaimana mengolah hasil sampingan dari limbah pembuatan biogas tersebut menjadi pupuk organik.

Tidak lupa, penulis juga melengkapinya dengan analisis usaha pembuatan biogas agar Anda bisa mengetahui besaran estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun pengolahan biogas berikut CD video pembuatan biogas dan pupuk organik yang bisa Anda putar menggunakan DVD player di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.