Membuat Sansevieria Terlihat Cantik

Kita memang bisa menemukan sansevieria di mana saja. Mulai dari halaman rumah sampai di pinggir jalan raya. Namun siapa sangka, kalau ternyata sansevieria ini juga bisa dihias sedemikian rupa sehingga terlihat cantik dan indah.

Sansevieria bisa ditanam dalam pot secara berkelompok sehingga membentuk sebuah rangkaian yang indah. Tak hanya itu, sansevieria bahkan bisa dirangkai dengan tanaman lain sehingga memunyai nilai artistik yang lebih tinggi karena lebih kaya warna.

Namun, untuk menghasilkan rangkaian yang menawan, memang dituntut kreativistas yang tinggi. Berikut cara membuat rangkaian sansevieria.

  1. Siapkan pot yang ukurannya relatif besar sehingga bisa menampung beberapa tanaman. Bentuk pot yang unik akan menjadi nilai lebih. Isi pot dengan media tanam, lalu siram secukupnya.
  2. Siapkan sansevieria dan tanaman lain yang akan dirangkai. Pilih tanaman yang menghendaki kondisi pertumbuhan sama. Misalnya, kaktus, cryptantus, dan bromelia.
  3. Keluarkan masing-masing tanaman dari media tanamnya. Bersihkan bagian perakaran. Kurangi akar pada sansevieria, lalu sempot dengan air.
  4. Tanam sansevieria dan tanaman lainnya satu per satu. Atur komposisi tanaman sehingga keseluruhan rangkaian tampak serasi. Sebagai patokan, tanaman yang ukurannya lebih tinggi bisa dipasang di bagian paling belakang.
  5. Setelah seluruh tanaman terpasang, tutup permukaan media tanam dengan batuan berwarna-warni. Pasang juga ornamen lain seperti batuan yang ukurannya lebih besar atau kerang-kerangan.

Kiat merangkai sansevieria ini diungkapkan Ir. Sentot Pramono dalam buku Pesona Sansevieria yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Buku ini juga membahas mengenai 101 jenis sansevieria eksotis & 23 sansevieria mini, membuat dan merawat sansevieria mini, serta membuat ‘taman mini’ sansevieria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.