Mentimun Sebagai Ramuan Tekanan Darah Tinggi

Mentimun, buah yang satu ini memang sudah dikenal sebagai teman makan yang cukup nikmat dilalap dengan sambal. Namun, tahukah Anda bahwa mentimun juga berkhasiat menurunkan penyakit tekanan darah tinggi?

Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu keadaan tekanan darah seseorang berada pada tingkatan di atas normal. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit ini. Beberapa di antaranya adalah garam, psikososial, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah pengobatan dengan menggunakan ramuan obat tradisional. Tanaman obat secara empiris telah dibuktikan dari generasi ke generasi sebagai salah satu obat yang berkhasiat.

Namun, mengonsumsi tanaman obat tradisional, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman obat itu sebanyak-banyaknya. Melainkan mengonsumsi ramuan tanaman obat tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik dan benar.

Lantas, ramuan apa yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Buah mentimun adalah salah satunya. Berikut ini merupakan cara meramunya.

  • Siapkan 300 gram buah mentimun segar.
  • Cuci buah mentimun hingga bersih, parut, peras, kemudian disaring.
  • Minum hasil saringan secara sekaligus. Untuk pengulangan, buatlah ramuan baru.

Mentimum hanya salah satu ramuan berkhasiat yang bisa mencegah tekanan darah tinggi. Masih banyak ramuan lainnya yang bisa Anda coba dalam buku Tanaman Obat untuk Penyakit, Jantung, Darah Tinggi & Kolesterol yang ditulis oleh Drs. Sudjaswadi wiryowidagdo & M. Sitanggang.

Buku yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka ini berbagai ramuan tanaman obat tradisional untuk penyakit jantung, darah tinggi, dan kolesterol. Buku ini dilengkapi pula dengan tata cara pengolahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.