Memilih Bakalan Adenium yang Tepat untuk Kontes

Pamor adenium sebagai salah satu tanaman hias tak pernah surut. Bahkan, keelokan yang terpancar dari sosok adenium tak ayal mengundang ide kreatif orang untuk menggelar kontes adenium.

Dalam ajang tersebut, adenium para peserta beradu keindahan dalam kelas-kelas tertentu. Penilaian yang diambil dalam kontes adenium ini pun dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari kesan pertama yang muncul saat melihat tanaman tersebut, karakternya, alur atau gerak pada tanaman, dimensi yang berkaitan dengan penataan cabang dan ranting, komposisi yang berkaitan dengan keserasian ukuran cabang, hingga kesehatan tanaman.

Jika adenium Anda telah mencakup semua kriteria penilaian itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti kontes adenium yang sekarang ini sudah banyak digelar di mana-mana. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kontes ini? Salah satu unsur terpenting yang harus dilakukan dalam mempersiapkan adenium untuk kontes adalah ketepatan dalam memilih bakalan.

Bagi yang berkantong tebal, memilih bahan adenium yang berkualitas mungkin tidak menjadi masalah serius. Mereka tinggal melihat track record kemenangan adenium yang diincarnya, kemudian harga sepakat, dibayar, dan adenium idaman pun segera berpindah tangan.

Setelah itu, mereka tinggal “mencari nama” di ajang kontes. Lantas, bagaimana dengan yang berkantong cekak? Tentu, bakal mustahil jika Anda menirunya! Nah, bagi Anda yang berkantong pas-pasan tak perlu berkecil hati. Jika Anda jeli dan cermat memilih bahan, dan tentu saja tepat merawatnya, bukan tidak mungkin Anda akan pulang membawa gelar.

Berikut ini beberapa trik yang bisa ditiru dalam memilih bahan adenium untuk kontes:

  • Perhatikan batang utamanya!
    Pilih adenium yang ukuran batang utamanya proporsional dengan tinggi tanaman. Jangan pilih batang yang kecil dan panjang. Untuk arabicum, pilih yang bonggolnya melebar daripada yang meninggi karena tampak lebih berkarakter dan kekar.
  • Mahkota kompak.
    Mahkota tanaman perlu mendapat perhatian tak kalah pentingnya dari bonggol. Pasalnya, mahkota sangat menentukan kompak atau tidaknya penampilan adenium. Pasalnya, mahkota sangat menentukan kompak atau tidaknya penampilan adenium. Tampilan mahkota yang indah tak lepas dari sokongan batang utama dan cabang pendukungnya. Karena itu, pada tahap awal, pilih adenium yang terlihat batang utamanya. Ukuran batang utama harus lebih tinggi dan lebih besar daripada cabang lainnya. Pilih juga cabang pendukung yang simetris. Jangan asal pilih yang bunganya banyak, tapi batang pendukungnya tidak menunjang.
  • Perakaran kokoh.
    Pilih adenium yang perakarannya mempunyai kaki-kaki yang kokoh. Perakaran yang bagus bisa dilihat dari komposisinya yang seimbang dan tampak alami. Ini berbeda dengan adenium yang kaki-kakinya hasil dari pemrograman.
  • Pemrograman.
    Langkah yang biasa dilakukan adalah teknik grafting. Anda bisa memadukan sistem grafting dengan bahan yang berbeda. Misal, obesum sebagai batang bawah dengan ra chinee pan dok sebagai cabang atasnya.

Pemilihan bahan adenium yang tepat untuk kontes ini hanyalah salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan dalam persiapan menjelang kontes. Masih ada hal penting lainnya seperti pemilihan media tanam, pemilihan pot, pemupukan dan penyiraman yang tepat, serta faktor kebersihan lingkungan.

Semua itu terangkum dalam buku Pesona Adenium Kualitas Kontes yang ditulis oleh  Perhimpunan Penggemar Adenium Kota Tangerang & Redaksi AgroMedia. Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini mengulas pula kategori kelas dalam kontes adenium, penilaian pada kontes, serta tip & trik jadi jawara. Melalui buku ini pula, Anda bisa melihat galeri adenium kualitas kontes, dari yang berbunga cantik, berbonggol indah, berkarakter kuat, hingga yang unik menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.