Mencetak Ikan Hias Seharga Mobil

Percayakah Anda, seekor ikan hias mencapai harga 500 juta rupiah? Percaya atau tidak, di WTC Mangga Dua Jakarta, telah terjual seekor ikan arwana platinium seharga tersebut. Harga pantastis ini mengundang decak kagum banyak orang, karena ketidakpercayaannya. Bagaimana tidak, harga tersebut sebanding dengan harga mobil mewah.

Mulai hari Sabtu, 5 Desember telah berlangsung pameran ikan hias terbesar di Indonesia, “Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2009”. Belasan pehobi ikan hias dan hewan peliharaan dalam negeri dan luar negeri ikut meramaikan ajang pameran yang akan berlansung sampai tanggal 13 Desember ini.

Beragam jenis ikan hias unjuk pesona memamerkan keindahan masing-masing, mulai dari ikan Louhan, Koki, Arwana, Cupang, Koi, Discus hingga Monsterfish. Rencananya, ikan-ikan yang dipamerkan akan mengikuti kontes untuk memperebutkan piala menteri kelautan dan perikanan Indonesia.

Potensi ikan hias Indonesia sangat tinggi. Bahkan, sebagai Negara eksportir terbesar di dunia, ternyata Singapura mendapatkan banyak pasokan ikan hias tersebut dari Indonesia. Pasalnya, Singapura tidak memiliki kekayaan laut. Sungguh sangat disayangkan jika potensi ini tidak dikembangkan oleh bangsa sendiri.

Sementara itu, harga jual ikan hias cukup tinggi. Jika nilai ekspornya tinggi, tentu pendapatannya tinggi pula. Tentu menjadi nilai ekonomis yang menjanjikan untuk lahan usaha. Bisa dibayangkan jika Anda memiliki 10 ekor ikan arwana, dengan asumsi harga per ekor 15 juta rupiah. Nilainya sudah 150 juta rupiah. Seiring dengan pertumbuhan dan peningkatan kualitasnya, harganya juga semakin meningkat bisa berkali lipat. Anda berminat?

Akan tetapi, memelihara ikan hias memang tidak semudah membalikkan tangan, terutama untuk kualitas kontes. Perlu penanganan khusus melalui wawasan, ilmu, dan pengalaman. Berbagai informasi sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pemeliharaan ikan hias.

Pepatah mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma.” atau “Setiap kesulitan, pasti ada kemudahan.” Kami penerbit AgroMedia Pustaka mencoba menjembatani kebutuhan Anda seputar ilmu dan informasi pemeliharaan ikan hias. Yakni, melalui buku-buku yang telah kami terbitkan, di antaranya sebagai berikut.

Arwana si Ikan Naga
Budi Daya Cupang Hias
Budi Daya Ikan Hias Air Tawar untuk Ekspor
Budi Daya Lou Han
Buku Pintar Ikan Hias Populer
Panduan Lengkap Budi Daya & Perawatan Cupang Hias
Panduan Berbisnis Ikan Hias dan Akuarium
Menghasilkan Pakan Alami untuk Ikan Hias
Mencetak Cupang Jawara Kontes
Memilih dan Merawat Maskoki Impor Berkualitas
Memilih & Merawat Lou Han Kualitas Kontes
Memelihara & Membudidayakan Diskus Unggul
Membuat Ikan Hias Tampil Sehat & Prima
Lou Han Si Ikan Hoki
Koi si Ikan Panjang Umur
Kim Hwa Lou Han Unggul Penerus Tren
Guppy: Ikan Mungil Berekor Indah
Cupang Aduan & Hias
Buku Pintar Memilih & Merawat Arwana


Buku-buku ini akan memberikan jalan mudah dan praktis seputar kebutuhan Anda dalam memelihara, merawat, dan memasarkan ikan hias Anda. Bahkan, tidak mustahil mengantarkan Anda dalam mencetak ikan hias seharga mobil mewah atau lebih. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.