Mengatasi Faktor Eksternal Penyebab Anggrek Mogok Berbunga

Memelihara anggrek memang gampang-gampang susah. Kurang tepat sedikit saja dalam memeliharanya, bisa menyebabkan banyak masalah. Salah satunya anggrek mogok berbunga.

Malasnya anggrek untuk berbunga bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor dari dalam (internal) tanaman saja maupun dari luar (eksternal) tanaman. Faktor eksternal ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti suhu, kelembapan udara, dan cahaya matahari.

Tiap anggrek memang membutuhkan perlakuan atau kebutuhan yang berbeda terhadap berbagai faktor lingkungan yang ada. Misalnya saja, ada anggrek yang tahan terhadap paparan cahaya matahari seperti anggrek Vanda, ada yang biasa-biasa saja seperti anggrek Dendrobium, dan ada pula yang kurang tahan terhadap paparan cahaya matahari seperi anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis).

Intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman anggrek harus disesuaikan dengan jenis anggreknya. Caranya mudah saja. Ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Gunakan paranet untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang diterima. Gunakan paranet yang sesuai dengan jenis anggrek yang dirawat.
  2. Buat kolam kecil di bawah rak tanaman untuk menjaga kelembapan.
  3. Atur waktu dan frekuensi penyiraman. Air berfungsi untuk memasok unsur hara, bahan fotosintesis, dan membantu proses membuka serta menutupnya stomata.
  4. Berikan pupuk dengan kadar fosfor dan kalium tinggi pada anggrek dewasa. Hal ini dilakukan untuk merangsang pembentukan bunga dan memperkuat bunga agar tidak mudah rontok.
  5. Usahakan kebutuhan terhadap cahaya matahari dapat tercukupi, terutama untuk jenis anggrek Vanda dan Dendrobium yang membutuhkan cahaya matahari cukup lama setiap harinya.
  6. Usahakan setiap permukaan daun mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga dapat berfotosintesis dengan sempurna.

Mengatasi faktor eksternal penyebab anggrek mogok berbunga ini diungkapkan Sri Nesiaty & Maloedyn Sitanggang dalam buku Kiat Sukses Membungakan Anggrek yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Melalui buku ini, Anda tak hanya mengetahui faktor-faktor penyebab anggrek mogok berbunga. Melainkan pula teknik menanam dan merawat anggrek, tip agar anggrek rajin berbunga, mengatasi hama dan penyakit pada anggrek, serta pestisida yang tepat untuk anggrek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.