Mengeruk Untung Budi Daya Ikan di Lahan Sempit

Ada faktor ekonomis yang sering diacuhkan banyak orang, seperti pemanfaatan lahan sempit yang sering dibiarkan kosong begitu saja. Padahal, lahan tersebut bisa diolah dan mendatangkan untung besar serta menambah penghasilan sehari-hari.

Terutama, masalah yang banyak melanda masyarakat perkotaan. Di samping banyaknya pengangguran karena sempitnya sektor pekerjaan formal, juga sempitnya lahan yang tersedia untuk berwira usaha di bidang pertanian dan peternakan.

Akan tetapi, jika Anda mengetahui kegunaannya, lahan sempit bukanlah masalah. Justru menjadi solusi yang sangat mudah dan praktis. Anda bisa menyulapnya menjadi lahan budi daya perikanan. Misalnya, budi daya lobster, lele, dan belut.

Modelnya ialah dengan pembuatan kolam terpal atau tong. Lahan yang tersedia bisa Anda gunakan untuk ruang kolam yang Anda buat dengan kerangka kolam menggunakan terpal atau tong, sekalipun hanya 2 m².

Setiap kapasitasnya, disesuaikan dengan ukuran yang dibuat. Selanjutnya, Anda tinggal mengontrol air, pakan, dan melakukan pencegahan dari hama dan penyakit. Hanya dalam hitungan bulan, Anda sudah bisa memanen dan menikmati hasilnya.

Jika dilakukan secara serius, budi daya perikanan di lahan sempit ini bisa meningkatkan penghasilan Anda, menambah gizi keluarga, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Mungkin Anda bertanya, kenapa prospek ini kami janjikan penuh yakin? Pasalnya, konsumsi ikan di Indonesia cukup tinggi. Permintaan pasar cukup besar, sedangkan pasokan ikan selama ini masih kekurangan. Apalagi jika melihat sektor pasar luar negeri.

Oleh sebab itu, jangan sia-siakan halaman atau lahan sempit yang Anda miliki. Buatlah kolam di atasnya dengan metode kolam buatan, baik dengan terpal maupun tong. Kemudian pelajari tekniknya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun jika Anda masih bingung dan merasa kesulitan, kami membantu Anda melalui informasi yang dibutuhkan. Penerbit AgroMedia telah menerbitkan buku-buku budi daya perikanan di lahan sempit. Di antaranya,

Kiat Sukses Budi Daya Lele di Lahan Sempit
Pembesaran Belut di Dalam Kolam Tong & Kolam Terpal
Budi Daya Belut di Pekarangan Rumah
Pembenihan Lobster Air Tawar, Meraup Untung dari Lahan Sempit
Pembesaran Ikan di Kolam Pekarangan
Pembesaran Lele Dumbo di Pekarangan
Budi Daya Lele Dumbo di Kolam Terpal

Melalui buku-buku di atas, Anda akan dipandu tahap demi tahap untuk membudidayakan beberapa jenis ikan di lahan sempit. Mulai dari informasi kebutuhan, teknik pembuatan kolam, perawatan ikan, prospek bisnis, sampai analisa usaha dijelaskan secara lengkap. Anda hanya perlu mengambil inisiatif dan kemauan keras untuk maju.

Selamat mencoba!

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan