Menghasilkan Semangka Tanpa Biji

Semangka memang salah satu buah yang paling tepat untuk menghilangkan dahaga dikala cuaca sedang panas-panasnya. Namun, akan lebih nikmat lagi, jika kita bisa menikmati semangka ini tanpa adanya biji yang mengganggu, kan?

Buah semangka yang selama ini kita kenal memang banyak bijinya. Namun, semangka tanpa biji atau semangka triploid ini sebenarnya bisa kita buat sendiri dengan bantuan zat mutagen seperti colchicine, giberelin, dan auksin.

Namun, dari ketiga zat tersebut yang paling efektif digunakan adalah colchicine. Zat ini dihasilkan dari umbi Colchicine autumnale, sejenis tanaman hias yang banyak terdapat di daerah tropis. Colchicine bekerja dengan cara menghambat terbentuknya dinding sel yang biasanya terbentuk setelah proses pembelahan.

Penasaran untuk membuat tanaman semangka tanpa biji? Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Mula-mula sediakan benih semangka diploid atau semangka dengan biji. Benih semangka ini kemudian direndam dalam larutan colchicine selama 24 jam, lalu disemai.
  • Setelah muncul tunas, tetesi dengan colchicine 0,05% sebanyak enam kali dalam empat hari pertama. Perlakuan ini akan menghasilkan semangka tetraploid dengan jumlah kromosom 44.
  • Semangka tetraploid yang dihasilkan kemudian ditanam sebagai indukan seleksi. Buah yang dihasilkan semangka ini kemudian bijinya ditanam kembali dan bunganya diserbuki dengan bunga semangka diploid.
  • Penyerbukan dilakukan dengan cara menggabungkan sel telur semangka tetraploid dengan serbuk sari semangka diploid sehingga menghasilkan semangka tanpa biji.

Dari beberapa langkah di atas, kita juga harus memerhatikan faktor kegagalannya. Hal ini dapat dihindari dengan mengatur waktu penanaman agar tidak terlalu dekat dengan penanaman semangka yang memiliki biji atau melon. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyerbukan silang oleh angin atau serangga. Resiko kegagalan juga dapat dihindari dengan menutupi bunga yang telah diserbuki menggunakan kantong plastik.

Bagaimana? Mudah, kan? Nah, jika Anda memang tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai tanaman semangka ini, Redaksi AgroMedia Pustaka memilik semua informasi tersebut dalam buku Budi Daya Semangka.

Melalui buku ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar teknik pembibitan dan pemeliharaan semangka, mengatasi serangan hama dan penyakit pada semangka, serta penanganan saat panen dan pascapanen.

One thought on “Menghasilkan Semangka Tanpa Biji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.