Merangsang Pembungaan Mangga dalam Pot

Pohon mangga yang biasa kita lihat, memang bisa tumbuh di mana saja. Namun, siapa sangka jika tanaman ini bisa juga ditanam dan dibuahkan di dalam pot? Namun, untuk membuatnya berbuah lebat merupakan tantangan tersendiri.

Sebelum tanaman mangga ini berbuah, tentunya tanaman tersebut akan melalui proses pembungaan. Mangga di dalam pot akan berbunga saat umurnya telah dewasa atau memasuki usia produktif, yaitu 1,5-3 tahun, sehat, serta memiliki cadangan karbohidrat cukup tinggi.

Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh keseimbangan kerja antara akar, batang, dan daun dengan keadaan lingkungan sekitar tanaman seperti air, udara, zat hara, sinar matahari, angin, suhu, dan kelembapan.

Namun, kadang-kadang walaupun kondisi seperti ini telah terpenuhi, mangga di dalam pot tidak mau berbunga dan memunculkan buah. Untuk mengatasi keadaan ini, ada beberapa perlakuan yang dapat dilakukan untuk merangsang mangga di dalam pot agar mengeluarkan bunga dan berbuah.

Perlakuan itu dibagi kedalam dua kategori besar. Pertama, perlakuan fisik. Perlakuan fisik ini terdiri atas pemangkasan, pelengkungan dahan atau cabang, dan pelukaan batang. Sedangkan kategori kedua adalah perlakuan fisik. Terdiri atas penghentian penyiraman, pemupukan, serta pemberian hormon.

Sebenarnya, masih penyebab lain yang dapat memengaruhi kegagalan bunga menjadi buah pada mangga. Beberapa faktor tersebut di antaranya:

  • Gagalnya proses penyerbukan, disebabkan karena sedikitnya jumlah serangga yang menbantu penyerbukan.
  • Adanya ketidakcocokan antara kelamin jantan dan betina pada bunga sempurna.
  • Terganggunya pertumbuhan bunga karena kekeringan atau kerusakan akar.
  • Jumlah bunga jantan terlalu tinggi (90%) dan persentase sel telur fertilnya rendah (5-10%).
  • Kemampuan tumbuh tepung sari sangat rendah, hanya 1-12%.
  • Banyak tepung sari yang cacat sehingga tidak dapat membuahi sel telur (putik).
  • Curah hujan yang tinggi, angin kencang, atau tanaman kekurangan unsur hara.

Jika Anda menemukan kendala dalam merawat tanaman mangga dalam pot ini, Redaksi AgroMedia Pustaka memiliki solusinya dalam buku Menanam & Membuahkan Mangga Dalam Pot.

Buku ini membahas secara tuntas jenis-jenis mangga apa saja yang cocok ditanam di dalam pot, media tanam yang tepat untuk mangga dalam pot, cara menanam dan merawat mangga dalam pot, pemupukan dan cara merangsang pembungaan dan pembuahannya, serta cara mencegah kerontokan pada buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.