Menilik Peluang Usaha Aneka Olahan Kedelai

meraup-untung-kedelai

meraup-untung-kedelaiJenis olahan berbahan baku kedelai, baik berupa tempe, tahu, susu kedelai, maupun olahan lain terus berkembang setiap tahunnya. Berbagai macam olahan kedelai kini sudah banyak tersedia, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Saat ini, tidak hanya dianggap sebagai penganan “murah”, tetapi juga sebagai salah satu alternatif pangan sehat yang penjualannya sudah mulai meningkat di Indonesia, bahkan mulai merambah ekspor.

Potensi dan peluang pengembangan aneka olahan kedelai masih terbuka luas sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Peningkatan daya beli masyarakat juga semakin meningkat sehingga peluang usaha aneka olahan kedelai semakin terbuka lebar sehingga industri-industri rumah tangga berbasis kedelai saat ini juga mulai berkembang.

Adapun keuntungan pengolahan kedelai bisa dilihat dari aspek kesehatan dan ekonomi sangat menguntungkan. Dari segi kesehatan, kedelai hasil olahan memiliki kandungan gizi yang lebih baik dengan rasa yang lebih enak. Sementara dari segi ekonomi dapat meningkatkan nilai tambah dan daya beli masyarakat.

Penjelasan di atas cukup menjadi alasan bagi Anda untuk mencoba membuka usaha pengolahan kedelai. Anda bisa memilih sesuai jenis yang Anda inginkan. Jenis olahan kedelai yang paling populer adalah tempe dan tahu. Adapun pengolahan lainnya Anda bisa membuat kecap atau tauco. Bahkan Anda bisa secara kreatif mengembangkannya menjadi olahan lain, seperti kripik, burger, kemasan kaleng, susu, soyghurt, dan kembang tahu.

Jika Anda membutuhkan teknik lengkapnya, Anda bisa menggunakan buku “Meraup Untung dari Olahan Kedelai” yang ditulis oleh Warisno & Kres Dahana ini. Buku ini akan membantu Anda menentukan jenis usaha olahan kedelai, teknis operasionalnya, dan cara memasarkannya.

Teknik operasional pembuatan aneka olahan kedelai, di bahas secara terperinci di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini. Yakni, mulai dari pembuatan tempe, tahu, tempe gembus, kecap, susu kedelai, soyghurt, kembang tahu, hingga tepung kedelai. Dengan dilengkap gambar, buku ini akan lebih memudahkan Anda dalam mempraktikkan cara membuat aneka olahan kedelai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.