Panduan Praktis Membuat Aneka Es Krim

Es krim merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer di dunia dan sangat digemari semua kalangan. Hidangan ini biasanya dikonsumsi sebagai hidangan penutup atau populer disebut dessert. Es krim juga sangat baik untuk kesehatan anak-anak karena kaya akan nutrisi. Komposisi terbesar es krim adalah susu yang merupakan sumber protein dan energi yang dapat membantu pertumbuhan anak.

Industri es krim kini semakin berkembang, termasuk teknologi pembuatannya. Hal ini memungkinkan orang untuk membuat es krim dengan lebih mudah. Hasilnya pun lebih baik secara kualitas dan lebih bervariasi. Akhir-akhir ini banyak bermunculan gerai-gerai es krim, baik berupa gerai kecil maupun cafe eksklusif. Jika dicermati, usaha ini sangat berpeluang untuk dikembangkan. Anda bisa mulai dari rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Variasi es krim sangat banyak. Beberapa negara memiliki es krim dengan ciri rasa yang khas dan berbeda dari lainnya. Misalnya, di Italia berkembang es krim yang dikenal dengan nama gelato. Sementara itu, di Jepang terdapat macha, ogura, dan mochi yang juga memiliki rasa khas.

Selain itu, variasi rasa dan penyajian es krim pun semakin beragam. Kini banyak penjual es krim menambahkan bahan lain seperti choco chip, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar, baik dicampurkan ataupun hanya ditaburkan di atasnya. Selain untuk menambah rasa, bahan tersebut juga dapat meningkatkan performa es krim sehingga meningkatkan minat konsumen.

Namun, untuk membuat es krim yang nikmat diperlukan pengetahuan yang memadai. Misalnya, pengetahuan bahan, peralatan, dan sistem pembuatan es krim dengan bahan-bahan dasar yang dibutuhkan. Bahkan, untuk skala usaha, diperlukan keahlian mengemas es krim sehingga tampil memikat bagi konsumen.

Kurangnya pengetahuan yang memadai dalam pembuatan es krim, kemungkinan besar es krim yang dihasilkan tidak akan memiliki kualitas baik, kurang nikmat, bahkan akan terjadinya kegagalan. Sebab, setiap komponen bahan memiliki karakteristik tertentu sesuai sistem pembuatannya. Begitu pula dengan komposisi yang akan diadon dalam pembuatan es krim. Dan, banyak hal lain yang mesti diketahui oleh pembuat es krim.  

Buku “Membuat Es Krim” yang ditulis oleh Levi Adhitya Chan ini menyajikan panduan sederhana bagaimana membuat dan memulai usaha es krim dari rumah. Mulai dari pengenalan bahan dasar, pengenalan peralatan, teori pembuatan es krim, hingga tip menjual es krim.

Buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini akan lebih memudahkan Anda dalam membuat es krim berkualitas dan memulai usaha es krim, karena dilengkapi dengan beragam resep dan hidangan dari es krim. Selain itu, dilengkapi pula perhitungan analisis usaha es krim. Anda hanya tinggal memelajari dan mencobanya.

Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.