Peluang Emas  Bisnis Ikan Hias; Ketahui 4 Jenisnya yang Paling Diminati, Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah per Ekor

Saat pandemi Covid-19, siapa sangka justru membawa keberuntungan bagi sebagian orang yang memiliki hobi memelihara ikan hias. Sebut saja seperti ikan cupang, arwana, channa dan koi. Tidak sedikit para pebisnis ikan yang dinikmati keindahannya ini mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah, bahkan ratusan juta rupiah. Menariknya, hal ini terjadi disaat binis lain sedang terjerembab ke dalam jurang kerugian.

 

Seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah, untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus covid-19, kita harus senantiasa membatasi kegiatan di luar rumah. Bahkan jika memungkinkan, bekerja pun dair rumah. Saat anjuran tersebut diterapkan, banyak orang yang merasa butuh hiburan pengganti kepenatan selama berada di dalam rumah.

 

Salah satu hal yang dianggap bisa mengobati stres dan penat adalah memperhatikan keindahan ikan hias kesayangan di dalam kolam atau akuarium. Hukum pasar, di saat permintaan memuncak dan keberadaan stock di lapangan menipis, sudah dipastikan keberadaan ikan hias semakin diburu para kolektor. Akibatnya harga merangkak naik.

 

Belum lagi, keberadaan jenis baru ikan hias, baik yang berasal dari silangan local maupun sengaja didatangkan dari luar membuat bisnis ikan hias semakin menjadi. Hingga kini. Kita perhatikan saja, kanal media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube dipenuhi tentang perawatan dan bisnis ikan hias. Berita-berita di majalah dan artikel di banjiri oleh jenis baru ikan hias yang semakin diminati. Gerai-gerai penjual ikan hias menjamiur. Bahkan, dengan bermodalkan gerobak atau mobil pick-up, ragam ikan hias semakin ramai dijajakan.

 

Bahkan, kadang kita mendengar atau justru menyaksikan langsung hal-hal di luar logika, seperti ikan cupang yang dihargai hingga Rp50juta per ekor, atau arwana yang menembus hingga ratusan juta rupiah per ekor. Semua tersebut terjadi karena orang semakin menggilai bisnis ikan hias. Menariknya, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga tembus ke mancanegara. Pantas saja jika saat ini banyak bermunculan para eksportir ikan hias dari Indonesia.

 

Salah satu praktisi ikan hias sekaligus pelaku bisnis transshiper di Jakarta mengaku jika lonjakan permintaan ikan hias dari Indonesia ke mancanegara terjadi di saat pandemi. Harga menjadi tidak karuan. Permintaan terus berdatangan. Akibatnya, waktu istirahat semakin berkurang karena sibuk melayani pengiriman dan permintaan akan ikan hias.

 

Tentu kita tidak ingin melewati kesempatan ini. Karena menurut kabar para praktisi, peluang emas ikan hias bakal terus meroket hingga beberapa bulan atau tahun ke depan. Dari sekian banyak ikan hias yang ada, berikut jenis ikan hias yang saat ini banyak diminati pasar versi tim agromedia.

 

  1. Cupang

 

ikan cupang hias

Ikan cupang diminati karena perawatannya yang mudah, karena merupakan salah satu jenis ikan yang kuat karena bisa hidup tanpa sirkulasi udara di akuarium. Selain itu, ukurannya yang kecil dan sifatnya yang terbilang soliter, membuat ikan ini tidak membutuhkan akuarium berukuran besar dalam pemeliharaannya.

 

Jenis betta sp ini sangatlah banyak. Namun, dari sekian banyak jenis cupang hias, nama seperti avatar, blue rim, dan giant begitu dicari hobiis. Harganya pun bisa mencapai puluhan juta rupiah jika memiliki kondisi yang sangat prima.

 

Mengenai panduan tentang peluang bisnis cupang, peraawatan, pembiakan, hingga galeri dan kontes cupang bisa dibaca di dalam buku berikut Budidaya, Bisnis, dan Kontes Cupang Hybrid dan Wild Betta

 

 

 

  1. Channa

 

 

Channa atau si ikan gabus hias merupakan salah satu ikan hias yang banyak dicari orang untuk dipelihara. Diketahui, ikan ini termasuk jenis predator yang kerap menjaga teritorialnya dari serangan musuh. Pantas saja jika ikan channa umumnya dipelihara secara soliter. Daya tarik memelihara  channa adalah ikan ini mampu hidup di dalam kondisi air yang minim oksigen, sehingga tidak memerlukan instalasi aerator atau penambah oksigen dalam perawatannya.

 

Karakternya yang unik dibalut dengan perpaduan warna dan bentuk sisik yang menawan membuat ikan ini kian dicintai oleh para penikmatnya. Pantas saja, jika ikan ini diharga dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah per ekor. Beberapa jenis ikan channa yang banyak diminati saat ini seperti yellow sentarum, red sampit, asiatica, stewartii kalikhola, andrao, auranti, blehari, dan strip merah.

Mengenai panduan tentang peluang bisnis channa, perawatan, pembiakan, hingga galeri bisa dibaca di dalam buku Channa Si Gabus Hias.

 

 

 

  1. Arwana

memilih arwana

 

Nama ikan arwana mungkin tidak asing di telinga karena keberadaan ikan ini memang digandrungi sejak lama, terutama oleh kalangan menengah ke atas. Namun justru menariknya saat ini, semakin banyak orang yang mencintai ikan yang dijuluki ikan naga ini. Sosoknya yang tenang kala menyapu air di akuarium membuat banyak orang terbuai akan keindahannya.

 

Banyak orang mengakui jika ikan ini menjadi prestige tersendiri bagi pemiliknya. Jenis ikan arwana yang banyak dicari saat ini untuk dipelihara di antaranya golden red dan super red. Kelangkaan ikan ini dan tingkat kesulitan yang tinggi dalam pembudidayaannya membuat harga kedua jenis arwana ini semakin tinggi. Apalagi untuk jenis dengan variasi sisik ITL dan kualitas kontes, harganya bisa melebihi harga mobil SUV keluarga buatan Jepang terbaru.

Mengenai panduan tentang peluang bisnis arwana, perawatan, dan galeri bisa dibaca di dalam buku Memelihara Arwana Si Naga

 

 

 

  1. Ikan Koi

ikan koi si pembawa hoki

 

Ikan koi, dikenal juga sebagai ikan panjang umur. Ikan yang masih kerabat dengan ikan mas ini dikabarkan pernah ditemukan dengan usia hingga ratusan tahun, walaupun umumnya ikan ini mampu hidup puluhan tahun, tentunya dengan perawatan yang tepat, terutama dalam hal air dan pakan.

 

Umumnya ada dua jenis koi yang saat ini beredar, yakni koi hasil pendederan di Indonesia maupun koi yang didatangkan langsung dari Jepang. Keduanya, memiliki penggemarnya masing-masing karena memiliki corak dan warna yang berbeda.  Bisnis ternak ikan koi memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Bahkan, terbilang menguntungkan. Untuk memulai budi daya ikan koi ini tidak sulit. Bisa dilakukan  di lahan dekat rumah.

Mengenai panduan tentang peluang bisnis ikan koi, perawatan, dan galeri bisa dibaca di dalam buku berikut Mengenal dan Memelihata 15 KOI Paling Diminati.

 

Selain keempat jenis ikan hias ini, masih ada beberapa jenis ikan hias yang sedang digandrungi pasar. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan keilmuan dan keinginan kuat dalam pembudidayaannya. Anda pun bisa bertanya langsung dengan para praktisi yang memang sudah lama mendalami bisnis dan budi daya ikan hias.

 

Bagaimana, sudah siap untuk terjun ke dalam bisnis ikan hias kesayangan. Dan, selanjutnya mencicipi gurihnya keuntungan dari hasil ikan tersebut. (PRW)

 

Tanya langsung tentang buku ke admin kami melalui WhatsApp.

Tinggalkan Balasan