Penyebab dan Mengatasi Kanker

Selain penyakit jantung dan stroke, kanker adalah penyakit yang paling dikhawatirkan manusia. Menurut data dari Departemen Kesehatan, kanker adalah salah satu penyebab angka kematian tertinggi di seluruh dunia. Tahun 2017, sekitar 9 juta orang di dunia mati karena penyakit ganas ini. Diprediksi hingga 2030, akan bertambah menjadi 13 juta orang.

Bagaimana dengan Indonesia? Angka kematian penderita kanker di Indonesia pun kian bertambah. Menurut data BPJS 2013 yang dilansir situs website Departemen Kesehatan, dari 100 orang yang didata, sebanyak 1,4 orang terkena penyakit kanker. Inilah kondisi terkini yang wajib disadari bersama; betapa mengkhawakirkan penyakit kanker ini.

Beberapa jenis kanker yang kerap kita dengar antara lain kanker payudara, kanker prostat, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker hati. Kelima kanker tersebut bisa menjadi penyebab kematian, jika tidak langsung diatasi.

Tahun 2017, sekitar 9 juta orang di dunia mati karena penyakit ganas ini. Diprediksi hingga 2030, akan bertambah menjadi 13 juta orang.

 

Ada beberapa hal umum yang bisa menyebabkan seseorang mengidap kanker, seperti faktor genetika, pola makan, alkohol, merokok, serta hormonal. Tiga faktor berikut ini biasa dikenali sebagai penyebab utama dari penyakit kanker.

  • Faktor GenetikFaktor genetik menyumbangkan peran penyakit kanker di bawah angka 10%.
  • Faktor Karsinogen, di antaranya yaitu zat kimia, radiasi, virus, hormon, dan iritasi kronis
  • Faktor Perilaku/Gaya Hidup, diantaranya yaitu merokok, pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, dan kurang aktivitas fisik.

Cara Mendeteksi & Pencegahan Penyakit Kanker

Kanker bisa dideteksi dengan mengamati beberapa gejala. Berikut ini cara mendeteksi dan pencegahan penyakit kanker hati, kanker prostat, dan kanker payudara.

  • Kanker Hati (Leukimia)

Gejalanya sering mimisan, lelah terus-menerus, mudah memar atau berdarah, muncul bintik-bintik merah di bawah kulit.

Pemeriksaan: darah lengkap, sumsum tulang belakang,

Pencegahan: antioksidan dan memperbanyak pola makan buah dan hindari merokok, hindari minuman beralkohol.

  • Kanker Prostat

Kanker prostat disebabkan oleh faktor genetis, pola hidup seperti pola makan berlemak, dan perubahan hormon testoteron. Gejalanya sering buang air kecil pada malam hari, merasa tidak tuntas usai buang air kecil, dan susah buang air kecil. Penanganan kanker prostat bisanya dengan terapi radisi, kemoterapi, hingga menghanggatkan kelenjar prostat.

  • Kanker Payudara

Belum diketahui secara pasti penyebab kanker payudara. Faktor genetis, perubahan hormon, serta mutasi gen menjadi faktor terhadap risiko kanker ini. Sel yang menjalar tidak terkendali hingga menimbulkan benjolan juga belum bisa dipastikan asal muasal penyebabnya. Upaya pencegahan dengan rutin satu bulan sekali pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

BACA JUGA: Cara Ampuh Mencegah dan Mengobati Kanker

7 Tip Mencegah Kanker

Diperkiraan 30% pencegahan kanker bisa dilakukan dengan anjuran pola makan sehat dan pola hidup, seperti terhindar dari merokok atau meminum minuman keras. Berikut beberapa tip pencegahan menurut Dinas Kesehatan RI:

  1. Pola diet teratur.
  2. Aktivitas fisik dengan rutin berolahraga.
  3. Hindari merokok.
  4. Istirahat yang cukup.
  5. Kelola stres.
  6. Cek kesehatan berkala.
  7. Konsumsi buah-buahan, dan kurangi makanan berlemak.

Salah satu upaya pengobatan sel kanker menurut medis kedokteran menggunakan terapi kemoterapi. Terapi ini biasa digunakan pada kanker stadium tinggi, bertujuan mematikan sel kanker agar tidak menjalar ke jaringan tubuh lain. Beberapa efek samping dari kemoterapi bisa menyebabkan mual, diare, dan muntah. Pengobatan kanker dengan kemoterapi, masih memunculkan kontroversi. Hingga kini teknologi kedokteran masih mencari alternatif solusi lain.

Upaya lain dari pengobatan kanker bisa menggunakan terapi herbal, yakni menggunakan obat dari bahan tumbuh-tumbuhan. Beberapa tumbuhan seperti buah Mengkudu, daun Dewa, daun Tapak Dara, dan daun Benalu diketahui bisa mencegah penyakit kanker. Bahan herbal apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi kanker dan bagaimana dosis serta aplikasinya, memang dibutuhkan ahli dalam masalah ini.

Nantikan kupas tuntas penyakit kanker, lengkap dengan informasi pengobatannya di dalam buku terbitan Agromedia berjudul Stop Kanker. Anda bisa menemukan kekuatan dan motivasi untuk sembuh setelah membaca buku ini. Pada akhirnya, diri Anda sendirilah yang menentukan “pemenang” dari “pertarungan” melawan kanker.

 

Sumber tulisan:

Sumber foto: Ken Treloar on Unsplash

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan