Strategi Sukses Beternak Ayam Kampung di Pemukiman Penduduk

strategi-ayam-kampung-pemukiman-1Padatnya pemukiman tidak menjadi halangan bagi Anda untuk membangun peternakan ayam kampung pedaging. Dengan strategi yang baik, beberapa kendala dapat ditangani tanpa menimbulkan masalah sosial dan kesehatan. Hal ini sebagaimana telah dibuktikan oleh Kelompok Tani di Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Mereka menerapkan strategi khusus yang meliputi manajemen perkandangan yang baik sebagai berikut.

strategi-ayam-kampung-pemukiman-2Padatnya pemukiman tidak menjadi halangan bagi Anda untuk membangun peternakan ayam kampung pedaging. Dengan strategi yang baik, beberapa kendala dapat ditangani tanpa menimbulkan masalah sosial dan kesehatan. Hal ini sebagaimana telah dibuktikan oleh Kelompok Tani di Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Mereka menerapkan strategi khusus yang meliputi manajemen perkandangan yang baik sebagai berikut.

1.    Mengatur sirkulasi udara dengan baik agar udara di dalam kandang selalu berganti dengan udara yang baru.
2.    Mengatur kepadatan ayam sesuai ukuran kandang  agar ada keseimbangan untuk pertumbuhan ayam secara optimal.
3.    Menjaga kebersihan dan sanitasi kandang untuk menghindari pencemaran air dan udara.
4.    Melakukan penyemprotan disinfektan setiap minggu secara berbeda-beda sesuai aplikasinya. Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh, di luar dan di dalam kandang, untuk mencegah timbulnya penyakit.
5.    Menjaga alas kandang selalu dalam keadaan kering. Pasalnya, alas yang lembap dapat menimbulkan bau dan menjadi sumber penyakit.
6.    Menjaga kebersihan peralatan kandang, seperti tempat pakan dan minum.

strategi-ayam-kampung-pemukiman-3Nah, keenam strategi tersebut tidak boleh dilewatkan satu pun. Faktor lingkungan dan sosial masyarakat harus selalu dijaga. Dukungan masyarakat harus dijadikan prioritas utama agar keberlangsungan peternakan Anda selalu berjalan baik. Selanjutnya, berapa perbandingan ideal jumlah ayam dengan luas kandang yang ada? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menikmati hasil keuntungannya?

Kami memiliki buku panduannya yang dapat Anda jadikan sumber petunjuk membangun peternakan ayam kampung pedaging. AgroMedia telah menerbitkan buku “Solusi Bisnis & Beternak Ayam Kampung Pedaging Modal Terbatas” yang ditulis oleh R. Isworo Tjokrosaptono dan Kelompok Tani Ternak Setia.

Buku ini akan membantu Anda dalam mengatur manajemen peternakan ayam kampung pedaging secara efisien, praktis, dan menguntungkan. Mulai dari pembahasan prospek bisnis ayam kampung, membangun usaha dari skala kecil, menyiapkan dan membangun kandang, pemilihan DOC berkualitas, pemeliharaan DOC, pemeliharaan tahap pembesaran, perawatan, pemberian pakan, pencegahan penyakit, hingga panen dan pemasaran. Anda juga dapat melihat asumsi biaya dan keuntungan dari analisis usaha sehingga dapat mengukur kecukupan modal dan keuntungan yang diharapkan.

 

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan