Tip Menggoreng Crispy Agar Renyah

Udang goreng tepung, cumi goreng tepung, atau fried chicken adalah beberapa makanan yang enak untuk disantap dengan menggunakan nasi atau pun tidak. Aneka makanan yang biasa disebut crispy ini memang bertekstur renyah dan terasa gurih. Maka tidak heran jika banyak orang yang sangat menggemarinya.

Sebenarnya, kita tak perlu repot-repot membeli dan menikmati sajian ini di restoran. Karena pada dasarnya, crispy sangatlah mudah untuk dibuat asalkan kita tahu cara membuatnya.

Pertama-tama, kita harus mengetahui jenis tepung apa saja yang bisa dijadikan pelapis lauk agar renyah. Selanjutnya, kita juga harus bisa membuat adonan tepung crispy yang tepat agar menghasilkan adonan yang bagus. Tahapan yang tidak kalah pentingnya adalah teknik menggoreng crispy agar renyah.

Pada tahapan ketiga ini, peran minyak goreng untuk menghasilkan lauk crispy yang renyah cukup besar. Teknik memasak dengan penggorengan akan menghasilkan rasa gurih karena kandungan lemak dalam minyak. Jenis minyak goreng yang dipakai bisa minyak padat atau pun cair.

Penggorengan lauk crispy sebaiknya dilakukan dengan teknik deep fry, yakni semua bahan terendam dalam minyak. Karena itu, pastikan jumlah minyak dalam wajan penggorengan cukup agar dihasilkan gorengan yang bagus.

Perbandingan minyak dan makanan yang digoreng sebaiknya 6 : 1. Jumlah makanan yang terlalu banyak akan mengurangi suhu minyak dan merusak bentuk makanan itu sendiri.

Suhu minyak sangat memengaruhi hasil gorengan. Minyak yang kurang panas akan menghasilkan gorengan yang berminyak dan tidak matang. Sementara itu, minyak yang terlalu panas akan menghasilkan gorengan yang gosong dan minyak akan cepat rusak. Untuk menggoreng lauk crispy, upayakan suhu minyak mencapai 1700 C. Suhu tersebut merupakan suhu yang paling ideal untuk menghasilkan gorengan yang renyah.

Minyak goreng bisa digunakan ulang jika kita tangani dengan baik. Gunakan penyaring minyak agar minyak tetap bersih. Setelah digunakan, tempatkan minyak goreng dalam wadah tertutup agar terlindung dari debu dan tidak mudah tengik. Tingkat kerusakan minyak juga tergantung pada makanan yang digoreng. Kandungan lemak dan protein yang tinggi akan merusak minyak.

Tip menggoreng crispy agar renyah ini ditulis oleh Yuyun A dalam buku Membuat Lauk Crispy yang diterbitkan AgroMedia Pustaka. Buku ini mengupas rahasia membuat crispy secara rinci, dari cara menyusun resep adonan tepung hingga 18 resep lauk crispy yang tentunya bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat hidangan favorit keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.