Tumbuh Sehat dengan Menu Pilihan Sehari-hari

Orangtua seringkali menghadapi masalah klasik dalam merawat anaknya. Salah satunya ialah si anak sulit makan. Hal ini membuat orangtua gundah, bingung, dan terkadang kesal. Padahal makanan yang disajikannya adalah yang terbaik dan enak.

Kenapa orangtua merasa khawatir ketika anaknya mengalami kesulitan makan? Pasalnya, mereka takut pertumbuhan anaknya terganggu, baik pertumbuhan fisiknya maupun otaknya. Ya, memang benar. Penting bagi anak untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup, terutama pada masa pertumbuhan.

Beragam masalah akan timbul saat anak tidak mau makan. Ada anak yang menangis keras ketika dibantu ibunya agar makan dengan baik, si anak tidak memiliki gairah dan lemas, si anak hanya memilih makanan tertentu, bahkan ada yang benar-benar takut makan sehingga ia menghindar dan tidak mau membuka mulutnya.

Setiap masalah tersebut, sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah melalui langkah-langkah tertentu. Berikut beberapa tip yang bisa Anda terapkan.
 
1.    Ibu atau pengasuh harus memahami kapan anak lapar dan kenyang.
2.    Latih anak yang sudah mampu makan sendiri untuk makan sendiri.
3.    Beri makan anak dengan pelan dan tenang, beri semangat untuk makan, tetapi jangan memaksa anak untuk makan.
4.    Apabila anak menolak makan, mungkin ada masalah dengan rasa, tekstur, warna, atau cara memberi makan. Pelajari dan sesuaikan selera anak.
5.    Jangan memberi makan sambil bermain atau nonton televisi, karena akan mengurangi perhatian anak terhadap makanan.
6.    Proses makan merupakan pengalaman belajar bagi anak. Pada saat makan, coba bicara dan kontak mata dengan anak sebaik mungkin.

Setelah tahapan-tahapan ini Anda pahami sehingga Anda mengetahui titik masalahnya maka sajikan makanan yang mampu membangkitkan selera anak dan cukup gizi. Anda bisa membuat makanan tersebut tampil unik, menarik, dan lezat sebagai menu sehari-harinya.

Menu apa sajakah itu dan bagaimana cara membuatnya? Nah, AgroMedia Pustaka menerbitkan buku Menu Sehari-hari untuk Tumbuh Kembang Anak yang berisi aneka resep makanan yang Anda butuhkan. Menu-menu ini telah disesuaikan untuk menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan anak usia 1—5 tahun.

Selain itu, buku yang ditulis oleh dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH., SpA(K), Herni Astuti, DCN., M.Kes, & Dewi Renaningtyas, M.Kes. ini berisi aneka permasalahan anak sulit makan dan masalah susu serta pemilihannya berikut solusinya dari sang ahli. Dilengkapi pula dengan sistem kontrol pertumbuhan anak melalui KMS, contoh susunan menu makan anak, dan tip-tip praktis mengatasi anak sulit makan.

Alhasil, buku ini sangat membantu Anda mewujudkan keinginan untuk memiliki anak yang sehat dan cerdas.

Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.