1 Jus Ampuh untuk Atasi 2 Penyakit Mematikan

1-jus-ampuh-untuk-atasi-2-head

Tahukah Anda bahwa diabetes dan hipertensi mempunyai jalinan “persahabatan” khusus?

Selama ini kita memang mengenal diabetes dan hipertensi sebagai satu penyakit tersendiri.

Diabetes dapat terjadi karena berkurangnya kemampuan tubuh dalam memproduksi insulin. Diabetes ini termasuk ke dalam diabetes melitus tipe-1. Nah, jika tubuh mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, tapi jaringan tubuh kurang sensitif terhadap insulin, maka disebut dengan diabetes melitus tipe-2.

Sekitar 85% penderita diabetes merupakan penderita diabetes mellitus tipe-2. Dalam diabetes tipe ini, terdapat tanda-tanda khusus yang muncul, seperti:
– poliuri, banyak berkemih
– polidipsi, banyak minum
– polifagi, banyak makan
– penurunan bobot berat badan
– kelelahan
– luka sulit sembuh

Lantas, apa hubungannya dengan hipertensi? Bukannya hipertensi adalah tekanan darah tinggi?

Ya, betul sekali! Diabetes berhubungan erat dengan hipertensi, karena peningkatan insulin pada diabetesi dapat memicu peningkatan darah. Level insulin yang tinggi menyebabkan pembuluh darah menjadi tidak fleksibel. Maka, sirkulasi oksigen yang melewati arteri akan mengalami penurunan. Akibatnya, tekanan darah yang melalui arteri akan meningkat.

Tidak hanya itu, peningkatan level insulin juga turut menstimulasi ginjal membuang mineral kalium dan magnesium sehingga meningkatkan rasio antara natrium terhadap kalium. Kondisi ini juga dapat meningkatkan tekanan darah seseorang.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari kedua penyakit ini?

Atur pola makan dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan kadar gula darah dan tekanan darah.

Caranya? Terapi jus!

Terapi jus buah dan sayur merupakan salah satu cara pengaturan makan yang dapat diterapkan pada diabetesi. Pasalnya, jus dapat menggantikan pengeluaran air dan elektrolit yang berlebih. Kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayur bermanfaat untuk mengatasi diabetes.

Anggur, apel, ceri, jeruk, stroberi, mangga, brokoli, buncis, seledri, dan kembang kol merupakan beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat Anda jadikan jus untuk terapi diabetes dan hipertensi.

Bahan-bahan tersebut dapat Anda olah menjadi jus yang sehat dan nikmat. Berikut kami berikan resepnya untuk Anda.

Bahan
75 gram bayam, pilih yang masih muda
25 gram nanas, buang matanya, potong kecil
50 ml yoghurt
¼ gelas air matang

Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender, proses hingga halus
2. Tuangkan ke dalam gelas, sajikan
3. Jika ingin lebih segar, tambahkan es

Resep ini menghasilkan satu porsi jus. Lutein dan asam folat dalam bayam, serta bromelin dalam nanas cocok untuk mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selamat mencoba!


miracle-juicesTumpas diabetes dan hipertensi dengan resep-resep Miracle Juices dari Desty Ervira P, S.Gz, MPH. Temukan informasi mengenai terapi jus, resep, dan pedoman diet untuk diabetesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.