Agar Bromelia Cepat Berbunga

Ananas comosus atau tanaman penghasil buah nanas ini merupakan salah satu spesies dari bromelia. Sebenarnya, bromelia tidak hanya berpotensi sebagai tanaman penghasil buah. Buktinya, 10 genus dari sekitar 65 genus keluarga Bromeliaceae ini juga berpotensi sebagai tanaman hias.

Keindahan bromelia sebagai tanaman hias terdapat pada bentuk daun dan bunganya yang indah. Warna daun dan bunga tanaman hias ini biasanya cerah, sehingga bromelia sering diasosiasikan dengan keceriaan.

Sebagai salah satu keunggulan bromelia, faktor tumbuhnya bunga pada bromelia tentu menjadi penting. Namun tak jarang, bromelia yang kita miliki sulit untuk mengeluarkan bunga. Jika hal itu memang terjadi, Anda tak perlu khawatir. Syaratnya mudah saja, tanaman harus sudah dewasa atau minimal berumur enam bulan.

Tentu saja tidak sampai di sana jika ingin bromelia Anda cepat berbunga. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan pada tahapan selanjutnya.

Pertama, melakukan pengasapan yang menghasilkan gas etilen (ethylene) sebagai gas perangsang pembungaan.

Kedua, pemberian air rendaman karbit. Karbit akan menghasilkan gas etilen apabila bereaksi dengan air. Karbit sering digunakan para petani nanas untuk merangsang tanaman nanas agar cepat berbunga.

Nah, jika Anda ingin merangsang pertumbuhan bunga pada bromelia, silahkan saja pilih salah satu cara di atas. Informasi selengkapnya mengenai cara mempraktikkannya bisa Anda simak dalam buku Mengenal & Merawat Bromelia karya Drs. Agus Andoko & Eddy Pranoto yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Buku ini menjabarkan berbagai hal tentang bromelia, mulai dari sifat dan syarat tumbuh, jenis-jenis bromelia yang berpotensi sebagai tanaman hias, perbanyakan dan penanaman, teknik membuat bromelia tampil menawan, serta pengendalian hama dan penyakit pada bromelia. Dilengkapi pula dengan galeri foto dari jenis-jenis bromelia berpenampilan indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.