Asyiknya Mewarnai Mobil-mobil Balap

Mewarnai adalah kegiatan menyenangkan bagi anak. Naluri anak sudah terbiasa untuk corat-coret, sehingga terkadang tembok di rumah menjadi sasaran kegemarannya ini. Mulai dari menarik garis sampai membuat gambar yang tidak beraturan. Kerap kali, kegiatan ini membuat kesal orangtua.

Padahal, kegemaran corat-coret bagi anak sebenarnya adalah positif. Artinya, ia telah mulai mengembangkan daya imajinasi otaknya melalui gambar tersebut. Oleh sebab itu, orangtua bijak mesti menyadari tahapan perkembangan anaknya. Terutama, bagi perkembangan otaknya.

Otak pada usia anak adalah tahapan di mana sel-sel jaringannya sedang membentuk menjadi bagian dari kebiasaan atau aktifitasnya yang dipertahankan. Sedangkan, sel-selnya yang tidak terpakai oleh anak, ia akan mati. Misalnya, apabila kreatifitas anak tidak dipertahankan sejak usia dini, kemungkinan ia tidak akan memiliki sel motorik kreatifitasnya di usia dewasa. Ini bisa mengakibatkan si anak menjadi malas berkereasi di usia dewasa nanti.

Dengan demikian, orangtua sebaiknya jangan melarang kegiatan anaknya mewarnai atau menggunakan pensilnya. Namun, harus kita arahkan ke hal-hal yang positif bagi masa depannya. Misalnya mewarnai gambar-gambar yang terdapat di dalam buku-buku anak.

Buku “Mewarnai Mobil-mobil Hebat” yang disusun oleh Roy Cakrak ini, bisa menjadi salah satu sarana bagi orangtua dalam mempertahankan dan mengembangkan kreatifitas anaknya. Sehingga, motorik otak anak akan terasah. Bahkan, bisa menjadi jembatan bagi dirinya untuk menjadi seorang desainer atau pelukis terkenal di masa yang akan datang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.