Mencerdaskan Anak melalui Menu Sehat

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang turut memberikan kontribusi pada pembangunan suatu negara. Dari keluargalah lahir individu-individu yang nantinya akan berperan sebagai pelaku pembangunan. Sumber daya manusia yang handal akan menjadi modal utama berkembangnya suatu negara. Dalam hal ini keluarga, khususnya ibu, sangat berperan dalam membentuk sumber daya manusia tersebut.

Seorang ibu sebaiknya memiliki pengetahuan tentang pola pengasuhan bagi anak-anaknya agar dapat membentuk manusia yang berkualitas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang ibu adalah dengan mencukupi kebutuhan lahir dan batin anak-anaknya. Kebutuhan lahir di antaranya kebutuhan gizi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Sebab, gizi yang baik akan dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pola makan yang baik akan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak. Pasalnya, tubuh dan otak membutuhkan zat-zat gizi dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Makanan berkualitas yang dikonsumsi ibu sewaktu hamil dan anak pada awal-awal masa kehidupan turut menentukan tingkat kecerdasan anak, di samping faktor hereditas (keturunan) dan faktor pengasuhan lain.

Pemilihan bahan makanan yang berkualitas dan teknik pengolahan yang bervariasi dapat membentuk prefensi anak terhadap makanan. Kebiasaan makan yang baik yang sudah terbentuk sejak anak-anak akan terbawa hingga dewasa.

Buku Menu Sehat untuk Kecerdasan Balita yang ditulis Dr. Ruslianti, M.Si & Dra. Mutiara Dahlia, M.Kes ini memberikan tuntunan bagi ibu-ibu dalam memilih dan mengolah makanan yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan gizi anak. Sehingga, diharapkan dapat mencapai tumbuh kembang fisik dan kecerdasan yang optimal.

Resep-resep pilihan yang terdapat di dalam buku mampu mengundang selera makan anak. Selain itu, dilengkapi juga dengan petunjuk dan penjelasan tentang otak anak serta kaitannya dengan gizi yang dibutuhkan dan pola pengasuhan yang tepat dalam mendukung kecerdasan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.