Jangan Salah Memilih Anthurium Jenmanii!

Anthurium si raja daun, memang masih ‘merajai’ bisnis tanaman hias. Banyaknya jenis dan varian anthurium memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para hobiis. Namun, di antara beragam jenis dan varian anthurium yang ada, Anthurium jenmanii menjadi pilihan utama para penggemar tanaman ini.

Sosok jenmanii yang kekar, berdaun tebal, dan berurat daun menonjol membuatnya tampak eksotis dan elegan. Sosoknya yang menawan itu membuat harga jualnya menjulang dan senantiasa berada pada “zona aman”.

Jenmanii dewasa calon induk setinggi 40-50 cm dipatok dengan harga Rp 30 juta. Sementara yang sudah jadi induk dengan ukuran 80-90 cm, harganya bisa mencapai ratusa juta rupiah. Bibit dengan 2-3 daun pun laris manis bak kacang goreng, padahal harga per bibit bisa mencapai Rp 1 juta lebih.

Uniknya tidak semua pedagang dan penggemar tanaman hias mengenal semua jenis jenmanii. Mungkin karena begitu banyaknya varian dan silangan yang beredar di pasaran. Nama-nama yang berkembang di masyarakat pun tak memiliki standar. Tak ayal lagi banyak yang tertipu dengan jenmanii-jenmanii “aspal” alias palsu. Jika tidak hati-hati dalam menentukan jenis yang mahal dan yang murah, ‘kantong pun akan sobek’ alias bangkrut.

Untuk mengenal lebih dalam sosok Anthurium jenmanii ini, Markus S.Y & Maloedyn Sitanggang menhadirkan buku Anthurium Jenmanii Sang Raja Anthurium Daun yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Buku ini membahas mengenai tata cara mengenali Anthurium jenmanii berdasarkan bentuk, tekstur, dan urat daunnya. Bahkan untuk memudahkan Anda mengenali Anthurium jenmanii lebih spesifik lagi, buku ini dilengkapi pula dengan 160 foto dari berbagai varian populer beserta teknik perawatannya. Plus, bonus VCD “Mengenal & Merawat Anthurium Jenmanii”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.