Makanan yang Aman Dikonsumsi Diabetes Tipe 2


09_Beef-Black-PepperBagi para penderita diabetes mellitus tipe 2, konsumsi asupan makanan harian perlu diperhatikan. Tidak semua makanan yang terlihat bergizi dapat dikonsumsi bebas oleh penderita diabetes atau diabetesi.

Setiap makanan memiliki kadar GI (Glycemic index) dan GL (Glycemic load) yang berbeda. GI merupakan derajat kualitas karbohidrat, sedangkan GL adalah derajat kuantitas karbohidrat yang diserap dalam darah. Kadar GL suatu bahan makanan berhubungan dengan kejadian penyakit diabetes tipe 2, yaitu penyakit jantung koroner dan kanker.

Kategori keamanan makanan yang dapat dikonsumsi diabetesi dibagi dalam tiga kelompok, yaitu aman dikonsumsi (GI≤55 dan GL≤10), perlu dibatasi sesuai tingkat keparahan (GI 56-69 dan GL 11-19), serta makanan yang perlu diganti (GI ≤70 dan GL≥20).

Salah satu makanan yang harus diperhatikan oleh diabetesi adalah nasi putih karena memiliki kadar GI yang tinggi. Diabetesi dapat menggantinya dengan nasi merah atau cokelat yang memiliki nilai GI lebih rendah. Konsumsi gula yang aman juga penting untuk diabetesi yaitu gula rendah kalori seperti gula aren atau gula kelapa dan gula jagung. Namun, ada pula jenis gula yang berbahaya bagi diabetesi karena memiliki kalori yang cukup tinggi, seperti High Fructose Corn Syrup (HFCS).

Meskipun ada banyak hal yang harus diperhatikan, bukan berarti diabetesi tidak dapat mengonsumsi makanan yang lezat. Diabetesi dapat mengonsumsi berbagai makanan asalkan dengan jumlah kalori sedikit dan memperhatikan bahan pengganti untuk gula. Berikut resep beef black pepper yang dapat dikonsumsi oleh diabetesi.

Bahan

50 gram daging sapi bagian has dalam
20 gram paprika
2 ml kecap
2 ml minyak wijen
1 sdm minyak

Bumbu

½ suing bawang putih, cincang
½ butir bawang merah, cincang
10 gram merica hitam, haluskan
5 gram merica putih, haluskan
½ sdt garam

Cara Membuat

1. Panaskan ½ sdm minyak, goreng daging sebentar, lalu angkat.
2. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan daging dan paprika, tumis sebentar
3. Tambahkan kecap, minyak wijen, merica dan garam. Masak hingga matang. Sajikan.

Selamat mencoba!


diabetes-bukan-untuk-ditakutiAda banyak hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes mellitus tipe 2, terutama dalam hal makanan. Buku Diabetes Bukan untuk Ditakuti oleh Rifka Kumala Dewi, S.Gz ini memberikan info lengkap seputar makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes beserta resepnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.