Membidik Peluang Bisnis Minyak Atsiri

sukses-memproduksi-atsiri

sukses-memproduksi-atsiriMinyak atsiri berguna untuk bahan baku industri parfum, bahan pewangi, bahan baku obat dan aromaterapi. Berbagai tanaman unggulan dan potensial yang menghasilkan minyak atsiri telah banyak ditanam di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia tersebut merupakan salah satu modal untuk mengembangkan bisnis minyak atsiri.


Minyak atsiri memiliki potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Setiap tahun, jumlah permintaan minyak atsiri di dunia mengalami kenaikan sekitar 10%. Meningkatnya permintaan minyak atsiri ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya informasi berbagai manfaat minyak atsiri yang semakin gencar dan kecenderungan masyarakat untuk kembali ke penggunaan bahan alami (back to nature).

Potensi bisnis minyak atsiri masih sangat terbuka. Pasalnya, harga bahan bakunya masih relatif murah. Sementara itu, harga minyak atsiri masih sangat tinggi. Selain produk minyak atsiri yang terdapat di pasaran, cukup banyak tanaman yang potensial untuk dikembangkan sebagal produk minyak atsiri, seperti bangle, cendana, gaharu, dan kayu manis. Karena itu, peluang pasar minyak atsiri masih terbuka lebar bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis minyak atsiri.

Persaingan bisnis di dalam negeri sebenarnya masih kecil. Namun, persaingan yang berat justru berasal dari negara lain penghasil tanaman minyak atsiri. Karena itu, bisnis minyak atsiri di Indonesia masih memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.

Buku “Sukses Memproduksi Minyak Atsiri” terbitan AgroMedia Pustaka ini memberikan gambaran luas tentang potensi bahan baku minyak atsiri di Indonesia dan teknik pengolahannya untuk menghasilkan produk minyak atsiri.

Selain itu, di dalam buku yang ditulis oleh Dr. Meika Syahbana Rusli ini menyajikan pembahasan sistem bisnis minyak atsiri secara ringkas. Buku ini dengan sengaja ditulis secara sederhana agar mudah dipahami oleh masyarakat awam. Tentunya, semuanya ditujukan agar Anda merasa terbantu  dalam berbisnis minyak atsiri, baik sebagai petani pembudidaya, penyuling, maupun eksportir. Peluang bisnis minyak atsiri merupakan peluang yang bisa Anda bidik secara tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.