Membuat Terarium; dari Hobi Menjadi Bisnis

AgroMedia – Jakarta. Minggu, 24 Agustus 2008, Agromedia Pustaka mengadakan launching buku “Membuat Terarium –Taman Mungil dalam Wadah Kaca” pada event Pameran Flora dan Fauna, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Sebagai pembicara, menghadirkan Ibu Anie Kristiani sekaligus sebagai penulis buku Membuat Terarium dan ditemani oleh Ibu Santi. Keduanya membahas dan memperagakan cara membuat terarium mulai dari pemilihan media tanam, memilih wadah, mengatur penempatan, pemilihan jenis tanaman, perawatan, dan analisis usaha.

Sebagaimana dijelaskan Ibu Anie, media tanam yang digunakan untuk terarium terdiri arang kayu, moss, kompos dan humas, zeolit, batu-batuan, dan kayu-kayuan. Terarium bisa ditanam di media kaca sesuai keinginan kita, seperti pada akuarium, gelas, stoples, dan botoh minuman antik.

Dengan penataan yang ideal, terarium sangat indah, unik, dan mungil. Tentu sangat spesial di antara jenis-jenis tanaman lain yang ditanam di dalam pot. Selain itu, terarium bisa diletakkan di atas meja atau tempat meja hias lainnya di dalam ruang tamu atau kamar.

Dengan keistimewaan yang dimilik terarium, tentu membuka peluang besar bagi bisnis tanaman hias. Salah satunya dibuktikan oleh seorang peserta yang berniat membuka pasar ekspor terarium.

Membuat terarium, kita tidak memerlukan lahan luas, sebagaimana umumnya. Cukup hanya dengan sedikit peralatan dan media, kita sudah bisa menciptakan terarium yang indah, unik, dan mungil sesuai selera pembuatnya.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan