Memilih Teknik yang Tepat untuk Memperbanyak Tanaman

Perbanyakan tanaman sering dilakukan oleh para penangkar tanaman, penjual bibit, atau para hobiis. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari proses ini. Mulai dari mendapatkan tanaman unggul yang berkualitas, hingga menghasilkan tanaman baru yang sejenis dalam jumlah besar.

Secara umum, perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan tiga teknik, yaitu perbanyakan secara generatif, vegetatif, dan generatif-vegetatif.

Perbanyakan generatif dapat dilakukan dengan menanam biji yang dihasilkan dari penyerbukan antara bunga jantan (serbuk sari) dan bunga betina (kepala putik). Secara alami proses penyerbukan ini terjadi dengan bantuan angin atau serangga. Namun saat ini, penyerbukan sering dilakukan manusia, terutama para pemulia tanaman untuk memperbanyak atau menyilang tanaman dari beberapa varietas berbeda.

Perbanyakan vegetatif dilakukan dengan menggunakan bagian-bagian tanaman seperti cabang, ranting, pucuk, daun, umbi, dan akar. Prinsipnya adalah merangsang tunas adventif yang ada di bagian-bagian tersebut agar berkembang menjadi tanaman sempurna yang memiliki akar, batang, dan daun sekaligus. Perbanyakan secara vegetatif ini dapat dilakukan dengan cara cangkok, rundukan, setek, dan kultur jaringan.

Sedangkan perbanyakan generatif-vegetatif dapat dilakukan dengan menggunakan campuran dua bahan tanam, yaitu bibit asal biji dan bagian vegetatif seperti mata tunas atau pucuk dari tanaman lain. Bibit asal biji dijadikan batang pohon bawah untuk menopang pertumbuhan bagian vegetatif yang dijadikan sebagai batang atas. Perbanyakan secara generatif-vegetatif ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sambungan (grafting) dan tempelan (okulasi).

Namun, setiap tanaman memiliki cara perbanyakan yang berbeda dengan tanaman lainnya. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam melakukannya. Salah satunya adalah jenis tanamannya itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum melakukan perbanyakan tanaman, harus disesuaikan antara cara perbanyakan tanaman yang digunakan dan jenis tanaman yang akan diperbanyak.

Nah, jika Anda ingin mencobanya namun ingin tahu lebih lengkap mengenai proses pengerjaannya, Redaksi AgroMedia memiliki solusinya dalam buku Kunci Sukses Memperbanyak Tanaman.

Melalui buku ini, Anda bisa mengetahui berbagai teknik perbanyakan tanaman. Mulai dari perbanyakan biji, setek, cangkok, rundukan, okulasi, sambungan, sampai teknik kultur jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.