Teknik Membesarkan Bonggol Adenium

Keindahan bonggol merupakan salah satu nilai jual adenium. Bonggol yang besar, berbentuk unik, dan proporsional menjadi pilihan utama para hobiis adenium. Karena semakin bagus bentuk bonggol adenium, semakin tinggi nilai jualnya.

Salah satu cara membuat adenium berbonggol besar adalah dengan memotongnya. Pemotongan bonggol ini lebih dimaksudkan untuk memperbanyak akar, terutama bila bonggol aslinya dinilai kurang memiliki bentuk yang ideal. Bonggol tanaman yang telah mencapai diameter 10 cm dapat dibentuk sekaligus dibesarkan dengan cara dipotong tepat di tengah bonggol terbesar.

Gunakanlah pisau tajam dan steril. Bekas luka potongan direndam dalam larutan fungisida selama 5 menit, lalu diolesi dengan bubuk perangsang akar. Bila fungisida sulit diperoleh, gunakan pasta gigi atau kapur sirih sebagai penggantinya. Biarkan hingga kering, kurang lebih 3 hari, baru ditanam kembali.

Saat hendak ditanam, ganjal penampang batang bagian bawah dengan styrofoam yang seukuran dengan diameter batang atau lebih besar. Hal ini berguna untuk membuat pertumbuhan akan yang terbentuk mengarah ke samping bukan langsung ke bawah.

Sebulan kemudian akar-akar serabut akan tumbuh serempak. Kita dapat menjarangkannya sehingga hanya sedikit akar yang tersisa untuk dibesarkan menjadi bonggol akar.

Akar juga bisa dipilin sehingga bonggol akar nantinya berbentuk bonggol pilin. Namun, semua tergantung selera pembuatnya. Yang terpenting, penanaman kembali bonggol yang baru saja dibersihkan akar serabutnya ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Teknik membesarkan bonggol adenium ini diungkapkan Sunardi & Maloedyn Sitanggang dalam buku Budi Daya & Bisnis Adenium yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Melalui buku ini, Anda akan mendapatkan panduan lengkap mengenai adenium. Mulai dari cara memperbanyak adenium, melebatkan bunga, membesarkan bonggol, membentuk semibonsai adenium yang unik, hingga analisis usaha grafting dan seedling adenium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.