Mengatasi Indukan yang Malas Memijah pada Gurami

Budi daya ikan gurami, memang tidak jauh berbeda dengan budi daya ikan air tawar lainnya. Tentunya, ada saja permasalahan yang kerap kali muncul dalam proses pembudidayaannya. Mulai dari permasalahan teknis budi daya, masalah pengangkutan, dan masalah pemasaran.

Selain harus memperhitungkan keuntungan yang akan didapat dari bisnis gurami dan mengetahui segala aspek bisnisnya dengan baik, kita juga harus menguasai teknis budi daya gurami.

Secara umum, usaha budi daya gurami terbagi atas dua bagian, yaitu usaha pembenihan dan usaha pembesaran. Masalah yang sering timbul pada kedua jenis usaha ini biasanya adalah berkaitan dengan kondisi kesehatan benih atau gurami yang sedang dipelihara.

Induk gurami yang malas memijah merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi pada gurami yang sedang dipelihara. Induk gurami yang telah matang kelamin (gonad), kadang-kadang tidak mau memijah. Hal ini sebagian besar diakibatkan oleh kondisi lingkungan kolam yang tidak nyaman bagi indukan atau karena indukan belum matang benar.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memijahkan induk yang benar-benar telah matang gonad pada kolam pemijahan yang aman dan nyaman sesuai dengan yang diharapkan sang induk. Karena itu, kepadatan kolam jangan terlalu tinggi, cukup 40 ekor/1.000 m2.

Selain itu, kolam pemijahan dibuat di lokasi yang bebas dari lalu lalang orang agar induk tidak stres dan dapat melakukan pemijahan dengan sempurna. Air kolam yang digunakan juga harus bersih dari zat-zat pencemar.

Mengatasi permasalahan dalam pembudidayaan gurami memang tidaklah sedikit. Namun, selagi Anda mengetahui cara mengatasinya, permasalahan itu tidaklah menjadi suatu hambatan yang berarti.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai tata cara mengatasi berbagai macam masalah pada budi daya gurami ini, Redaksi AgroMedia Pustaka memiliki buku Panduan Lengkap Budi Daya Gurami.

Buku ini tidak hanya memberikan gambaran pada Anda mengenai tata cara mengatasi permasalahan pada budi daya gurami saja. Melainkan pula menjabarkan mengenai prospek bisnis gurami, teknik pembenihan, pendederan, pembesaran gurami, teknik mempercepat pertumbuhan gurami, serta analisis usaha budi daya gurami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.