Minum Sayur? Mengapa Tidak?

green-smoothies-head

Makanan apa yang terakhir Anda makan? Apakah makanan tersebut memberikan nutrisi dan manfaat untuk tubuh atau hanya sekadar membuat perut kenyang?

Anda pasti bertanya-tanya dan berusaha mengingat, makanan apa yang terakhir dimakan. Beruntunglah jika Anda mengonsumsi banyak nutrisi hari ini. Lantas, bagaimana untuk yang hanya kenyang saja? Sebaiknya Anda mulai mencoba minum sayur.

Minum sayur?

Ya, mungkin memang terdengar agak aneh dan janggal, tapi itulah yang dilakukan oleh Victoria Boutenko pada tahun 1994. Pada saat itu, ia dan keluarganya terkena penyakit. Untuk menyembuhkannya, Victoria membuat minuman dengan kombinasi sayur dan buah. Minuman tersebut sekarang terkenal dengan nama green smoothies.

Green smoothies ini membuat kita secara “tidak sadar” mengonsumsi sayuran hijau mentah dalam jumlah yang banyak. Mengapa sayuran hijau mentah? Sayuran hijau memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam meremajakan sel-sel dalam tubuh. Sayuran hijau juga memiliki nutrisi yang paling lengkap dibanding kelompok sayuran lain.

Di dalam sayuran hijau, terdapat serat atau fiber yang mampu menyerap racun dalam tubuh, omega 3, klorofil, dan alkalin. Tidak hanya itu, sayuran hijau ternyata juga memiliki kadar protein yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan efek samping penyakit berbahaya. Padahal, biasanya protein didapat dari daging, atau kacang-kacangan. Unik kan?

Lalu bagaimana cara membuat Green Smoothies?

Mudah sekali. Anda hanya butuh sebuah blender, sayuran, dan buah-buahan segar. Tidak butuh waktu lama, Anda akan mendapatkan segelas green smoothies. Mau lebih nikmat dan bernutrisi? Tambahkan kacang almond, biji bunga matahari, pumpkin seed, chia seed, atau flaxseed dalam smoothies Anda.

Bagaimana dengan rasanya?

Mungkin Anda masih ragu dengan rasanya, karena yang Anda konsumsi adalah sayuran mentah dalam bentuk jus. Tapi, coba simak komentar dari Freshka Kamdhani, seorang design illustrator berikut ini.

“Saya sempat ragu saat akan mulai mencoba green smoothies. Tak terbayang rasanya minum sayuran mentah yang dihaluskan menggunakan blender. Namun, setelah saya coba ternyata rasanya tidak seperti bayangan saya. It’s really good!

Nah, semakin penasaran? Anda bisa mencoba salah satu resep green smoothies yang mudah dan nikmat pada link ini. Selamat minum sayur!


green-smoothiesBuku Green Smoothies dari Nectaria Ayu berisi kumpulan resep pribadi dari penulis yang sudah menjalani hidup sehat selama lima tahun. Tidak hanya resep, penjelasan mendalam mengenai green smoothies dapat Anda temukan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.