Paling Diincar dan Populer,  Inilah Enam Tanaman Hias yang Ngetren Tahun 2021

Bagi kalian yang sedang menekuni hobi bercocok tanaman hias, kira-kira apakah ada tanaman impian yang belum dimiliki di teras rumah? Sebagai informasi saja, ternyata banyak lho tanaman hias yang kian digandrungi di awal 2021 ini. Bahkan, keberadaannya tetap memikat sepanjang waktu. 

 

Kian hari, para hobiis yang cinta dengan aktivitas berkebun tanaman hias semakin bertambah banyak. Terbukti dari aktivitas di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Youtube, yang berisi konten tentang tanaman hias pilihan. Alasannya, selain membuat badan menjadi lebih bugar karena menghirup oksigen segar setiap hari, dengan merapikan tanaman, menyiram, dan berbaur dengan media tanam ternyata dapat membuang penat hilang. Hobi yang menyenangkan, apalagi semasa pandemi seperti saat ini. Bahkan, tidak sedikit yang awalnya bermula dari hobi bertanam, kini menjadi pundi yang menghasilkan.

 

Selain di media sosial, ketika mencari keterangan seputar jenis tanaman hias yang spesifik, seperti di halaman awal mesin pencari data (Google) akan mudah ditemukan tautan menuju market place para penjual tanaman hias. Ini menunjukkan bisnis jual beli tanaman hias secara online semakin populer.

 

Nah, tentu kamu juga tidak ingin ketinggalan untuk menekuni hobi ini. Sebagai rekomendasi, kami coba kumpulkan enam tanaman hias yang paling diincar dan popular di tahun 2021 ini. Siapa tahu, keenam tanaman ini bisa menjadi inspirasi agromate untuk semakin mencintai aktivitas berkebun di rumah.   

 

Aglaonema

Agromate setuju kan jika keindahan Aglaonema terletak pada daunnya? Sayangnyabanyak praktisi yang mengatakan bahwa Sri Rejeki ini butuh perlakukan khusus karena sosoknya yang mudah terserang penyakit. Sedikit saja lengah dalam merawatnya, jangan harap daun Aglaonema bisa tumbuh dengan cerah dan memikat.

 

Aglaonema, bisa disebut tanaman hias yang manja. Perlu perhatian khusus dan cermat dalam perawatannya. Maka sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki Sglaonema di rumah untuk lebih intensif dalam merawatnya 

 

Untuk mencerahkan daun Aglaonema, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan. Pemilihan media tanam dan pupuk yang tepat menjadi salah satu solusinya. 

 

Sampai saat ini Aglaonema, menjadi salah satu tanaman hias yang diincar dan popular, terlebih sejak awal pandemi lalu. Hingga kini, tren dan minat memelihara Aglaonema masih tinggi, baik untuk hobi maupun jual-beli secara daring. Bagi kamu yang ingin mengetahui teknis perawatan dan perbanyakan Aglaonema secara tepat, beserta galeri tanaman aglaonema versi lokal dan Thailand ter-upadate, bisa ditemukan di dalam buku Merawat Aglaonema

 

 

Philodendron 

Phillodendron black cardinal

Phillodendron Black Cardinal

Philodendron merupakan jenis tanaman yang warnanya bervariasi, seperti hijau, berpadu dengan warna putih, kuning, atau merah mudah. Jenis Philo kini semakin banyak diminati oleh para pehobi atau kolektor. Kabarnya, untuk tanaman Philodendron tertentu yang memiliki tinggi sekitar 60 cm, bisa dihargai hingga jutaan rupiah. 

 

Monstera Variegata

Apa yang membuat tanaman Monstera disukai di kalangan pecinta tanaman hias? Jawabannya, bentuk daun dan coraknya. Selain itu, tanaman ini dipercaya mampu membuat ruangan terasa lebih sejuk. Tahun 2021 ini, jenis Monstera Deliciosa, terutama jenis Verigata masih terus diincar hobiis tanaman.  

Monstera

Monstera Variegata | Dok. Agromedia

 

BACA JUGA: 

Tertarik Menanam Monstera, Kenali Dulu Tanamannya

Ini Dia Prediksi Tanaman Hias di Tahun 2021, dan Saran Bagi Pemain Pemula

Bagi kamu yang tertarik dan sedang budi daya tanaman Monstera, buku panduan “Merawat Monstera” bisa menjadi pegangan dan bekal agar lebih mantab dalam mengembangkan hobi serta memperbanyak tanaman jenis Monstera ini.

 

Calathea

Calathea

Foto dari Wikimedia.org | Chhe

Tanaman hias ini sebagian besar berasal dari hutan tropis Amerika Selatan, seperti Brazil dan Bolivia. Namun, ada juga yang ditemukan berasal dari Papua, seperti jenis Black Lipstik. Apa yang membuatnya diincar dan dicari oleh para penghobi tanaman hias? Salah satunya adalah corak yang beragam dan bentuk daunnya yang unik dan berbeda, sesuai jenis dan dari mana asal tanaman.

Black Lipstick, misalnya, memiliki warna daun dominan, yaitu ungu tua dengan garis merah muda (pink) yang indah. Sementara itu, bentuknya seperti oval dan agak bulat.

Sementara itu, pada jenis Calathea Multicolor, warna daun seperti hijau merah muda, berpadu dengan  putih bisa ditemukan pada jenis ini. Bentuknya kebanyakan oval memanjang membuat daya tarik tersendiri ketika diletakkan sebagai dekorasi ruangan.

 

Caladium

caladium anggur merah

Caladium Anggur Merah

 

Caladium atau keladi hias memiliki daya tarik tersendiri berkat bentuk, corak daun, dan warnanya yang beragam. Kerabat philodendron dan alokasia ini memang memiliki variasi keindahan. 

 

Dari catatan situs cnnindonesia.com, setidaknya ada beberapa jenis Caladium yang populer sejak pandemic, di antaranya Caladium ace of heart, Caladium pink love, Caladium fiesta, Caladium green spider, dan Caladium candidum.

 

Tanaman jenis keladi ini memiliki bentuk, warna, dan corak daun yang menawarkan keindahannya tidak dijumpai pada tamanan lain. Sebutlah jenis Caladium ace of heart berbentuk seperti hati dengan dominan berwarna merah muda, sedikit warna putih yang mengelilingi, dan warna hijau di pinggir daun. 

 

Sementara itu, pada Caladium fiesta, bentuknya mirip Caladiun ace of heart, yang membedakan hanya pada warna daun yang dominan, yakni berwarna putih dengan warna merah muda di bagian tengahnya.

 

Sebagai rujukan buku Mempercantik Tampilan Calidium bisa dijadikan bekal dalam merawat dan membudidayakan tanaman ini. 

 

BACA JUGA: Mengatasi Dormansi pada Caladium

 

Anggrek

 

Tanaman anggrek dari dulu hingga saat ini masih terus dicari penghobi tanaman hias. Bentuk dan corak bunganya memang selalu memikat hati. Banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Di habitatnya, terutama hutan tropis, tanaman anggrek biasa menempel di pohon-pohon besar.

 

Sementara di rumah-rumah, tanaman ini dikenal sebagai bagian dari unsur dekorasi dan keindahan rumah. Urusan perawatan dan budi daya memang bukan hal yang mudah bila tidak berbekal pengalaman dan panduan ilmu dari buku. Maka tidak heran ketika kebanyakan dari penggemar anggrek hanya bisa menikmati keindahan bunganya sekali saja, tanpa bisa membungakan kembali.

 

Nah, jika Agromate ingin belajar membungakan tanaman anggrek di rumah, buku Membuat Tanaman Anggrek Rajin Berbunga bisa dijadikan panduan untuk merawat anggrek kesayangan. Bukan tidak mungkin, tanaman yang diandalkan keindahan bunganya ini bisa jadikan peluang emas dalam bisnis tanaman hias dari rumah. 

 

 

 

Tinggalkan Balasan