Hal Sederhana dan Penting yang Bisa Dilakukan di Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Keanekaragaman hayati di Indonesia, diakui memiliki kekayaan yang luas. Bersama 16 negara tropis lainnya, Indonesia memiliki mega biodiversity yang perlu dijaga kelestariannya. Adanya mega biodiversity ini menandakan Indonesia memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, lengkap dengan keunikan ekologi yang mampu menopang pembangunan secara yang terus-menerus. Indonesia memiliki puspa langka seperti Melati, Anggrek, Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi), sementara untuk satwa kita mengenal Komodo, Elang Jawa, Gajah Lampung, dan Badak Bercula Satu. Flaura dan fauna langka yang mungkin tidak ditemukan di luar Indonesia.

Karena alasan ini, setiap tanggal 5 November diperingati sebagai hari penting, “Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional”. Peringatan hari tersebut resmi ada sejak 1993, tepatnya setelah lahirnya Keppres Nomor 4 tahun 1993. Bahkan, sebagai salah satu wujud kecintaan pada puspa ragam, didirikan Taman Bunga Nusantara sebagai taman bunga terbesar di Asia Tenggara.

Menurut LIPI, peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa ditujukan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Masih dari situs web LIPI, disebutkan lebih dari 1.000 jenis temuan baru kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia, untuk dunia ilmu pengetahuan. Bahkan, banyak temuan jenis keanekaragaman hayati baru yang masih belum tergali dan diteliti.

Sementara itu, di sisi lain kita perlu mengingat adanya berita-berita buruk seputar perburuan satwa liar. Beberapa jenis satwa, seperti harimau Sumatera, Gajah, rangkong, dan peristiwa pemotongan sirip hiu untuk diperdagangkan di pasar internasional. Pelaporan perburuan satwa liar oleh masyarakat bisa menjadi bagian dari upaya pencegahan punahnya satwa-satwa tersebut.

Maka pada masa pandemi, kegiatan penyadaran untuk cinta satwa dan flora bisa dilakukan dengan membuka lagi tema-tema puspa dan satwa yang dilindungi, mengenalkan kembali kembali anak-anak pentingnya melestarikan tumbuhan dan satwa di Indonesia, serta mengurangi penggunaan kertas, dan menjaga lingkungan dari sampah plastik.

Dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa 2020, penerbit buku Agromedia menggelar diskon hingga 58% hingga akhir bulan November 2020 di marketplace Shopee untuk buku-buku tertentu yang bisa dilihat melalui link ini. Yuk, lindungi puspa dan satwa di lingkungan sekitarmu. Salam lestari.

Tinggalkan Balasan