Persiapan Membuka Bisnis Fast Food

Saat ini, bisnis makanan siap saji atau fast food memang banyak ditemukan di mana-mana. Selain itu, makanan siap saji ini banyak sekali penggemarnya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua menyukainya.

Berdasarkan hal itu, maka jangan heran jika peluang bisnis makanan siap saji ini terbuka lebar. Sebenarnya, membuka bisnis fast food tidak harus dengan gaya restoran besar dan bermodal besar. Bisnis ini juga bisa dilakukan dari rumah dengan skala kecil atau home industry.

Nah, jika Anda memang tertarik membuka bisnis ini, ada beberapa persiapan dan standar peralatan yang sekiranya harus diperhatikan.

  • Gunakan friyer atau penggoreng yang memiliki suhu stabil agar dapat menghasilkan gorengan yang matang merata dan dalam waktu cepat.
  • Gunakan peralatan dari stainless steel agar mudah dibersihkan. Peralatan kotor atau dari bahan yang kurang bermutu, seperti plastik murahan yang kadang-kadang bau, akan memengaruhi sanitasi dan rasa makanan. Akibatnya, makanan menjadi tidak awet, terutama untuk jenis makanan yang langsung dimakan.
  • Agar lebih cepat dan praktis, siapkan fast food setengah matang yang sudah dimasak dari rumah. Jika ingin awet, makanan yang belum digunakan bisa disimpan dalam freezer. Saat akan disajikan bisa langsung dihangatkan ulang menggunakan warmer atau penggorengan.
  • Makanan hangat yang sudah siap saji bisa disimpan dalam warmer sebelum disajikan ke pembeli. Untuk makanan yang mudah bau karena kandungan airnya tinggi seperti salad atau puding, simpan selalu di dalam kulkas agar tetap awet.
  • Agar terlihat menarik dan tidak jauh berbeda dengan restoran fast food lainnya, hiasi restoran kecil Anda dengan aneka lampu dan foto makanan yang menarik. misalnya dengan lampu neon, banner, spanduk, dan brosur paket. Foto harus terlihat cantik sehingga mengundang selera makan. Jika tampil menarik, otomatis pembeli akan datang.

Persiapan membuka bisnis fast food lainnya dapat Anda temukan dalam buku Panduan Wirausaha Aneka Fast Food Populer yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Buku yang ditulis oleh Yuyun A ini juga dilengkapi dengan 15 resep fast food populer dan contoh perhitungan usaha fast food.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.