Tip Berpuasa bagi Penderita Diabetes

tip-puasa-diabetes-2

Penderita diabetes dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan tenang sebagaimana orang lain yang sehat. Hanya saja, diabetesi mesti memperhatikan faktor-faktor tertentu untuk mengontrol kondisi insulin, gula darah, dan lain-lain. Pasalnya, puasa dapat menaikkan atau menurunkan kadar gula darah sehingga dapat saja membahayakan penderita diabetes. Bagaimana menanggulanginya?

 

tip-puasa-diabetes-2Berikut ini kami berikan beberapa tip bagi penderita diabetes ketika menjalankan puasa Ramadhan secara sehat.

1. Selalu berbuka dan makan sahur secara rutin. Pola makan saat puasa sama dengan pada saat tidak berpuasa. Tidak boleh makan berlebihan, tidak boleh melewatkan makan, atau hanya makan sahur sekadarnya, sebab dapat berbahaya bagi diabetisi. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan peningkatan dan penurunan gula darah secara drastis.
2. Saat berbuka, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran atau buah kurma (bukan manisan kurma). Jangan mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti sirup atau kolak manis untuk mencegah lonjakan gula darah.
3. Saat sahur, tidak disarankan makan sekadarnya seperti hanya mi instan atau sepiring nasi goreng karena bisa berakibat tidak dapat mempertahankan gula darah saat berpuasa. Namun juga tidak disarankan makan sahur berlebihan karena bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang akan membuat Anda merasa lemas seharian.

Beberapa rekomendasi bahan-bahan makanan dapat Anda pilih secara tepat, baik sebagai sumber karbohidrat maupun vitamin. Hal ini sangat penting agar Anda tidak salah memilih bahan makanan, karena dapat saja membahayakan kesehatan diabetesi. Sangat disarankan, Anda lebih teratur dengan membuat pola makan berdasarkan menu atau resep yang telah disesuaikan agar keseimbangan gizi dan nutrisi dapat berjalan baik.

Secara lengkap dan mudahnya, Anda dapat menemukan panduan dan petunjuknya di dalam buku “Jamu Ajaib Penakluk Diabetes”. Buku ini tidak sekadar memberikan pengetahuan seputar diabetes, tapi juga secara praktis memberikan teknis-teknis penanganan diabetes secara sehat dan alami. Mulai dari pengaturan pola makan untuk menaklukkan diabetes, daftar dan penjelasan bahan-bahan makanan serta buah-buahan ajaib penakluk diabetes, olahraga yang tepat, hingga tanaman ajaib penakluk diabetes.

Satu hal lagi yang sangat penting bagi Anda, buku ini akan memberikan “jamu ajaib” yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah hanya dalam selang 1 jam. Temukan segera resep-resepnya di dalam buku yang disusun oleh Ning Hermanto, sang ratu herbal dan dr. Prapti Utami ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.