Tip Khusus Pembuatan Kue Kering untuk Pemula

Pada dasarnya, membuat kue kering tidaklah sulit. Asal mengikuti langkah-langkah pembuatannya dengan benar dan tepat, siapa pun bisa membuatnya.

Bagi mereka yang sudah mahir membuat kue kering, tentu hal ini bukanlah masalah. Namun bagi mereka yang baru saja ingin mencobanya, pasti membutuhkan panduan yang tepat agar kue kering bikinannya tidak gagal. Berikut ini kami uraikan beberapa tip yang bisa membantu Anda para pemula dalam membuat kue kering:

  • Jika sama sekali belum mengenal pembuatan kue kering, konsentrasi pada 3-5 resep lebih dulu, pilih yang dianggap paling mudah dan disukai. Ajaklah saudara atau kawan untuk bersama-sama mempraktikkan. Cobalah dengan membuat setengah resep lebih dulu. Setelah memahami cara pembuatannya, bisa dilanjutkan dengan jumlah adonan yang lebih banyak lagi.
  • Catat langkah demi langkah cara mengerjakannya dan hasil yang didapat. Catat pengeluaran dan jumlah volume hasil yang didapat.
  • Siapkan lebih dulu semua bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran yang ditentukan. Siapkan juga loyang tipis khusus untuk kue kering yang sudah diolesi margarin tipis-tipis.
  • Campurkan bahan tepung dengan cara mengaduk menggunakan sendok kayu atau spatula. Jangan terlalu kuat mengaduknya karena akan menghasilkan kue yang keras. Usahakan agar sedikit mungkin tekanan pada adonan.
  • Jika adonan yang dihasilkan ternyata terlalu lembek dan susah dicetak, tambahkan satu sendok makan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  • Sementara sebagian adonan dibentuk atau dicetak, sisanya tutup dengan serbet kering dan bersih, agar tidak mengering.
  • Jika kue sudah matang dan dingin, tempatkan dalam wadah-wadah kecil tembus pandang dan cantik dipandang. Bagikan hasilnya kepada keluarga dan kerabat dekat. Mintalah pendapat atau penilaian dari mereka sejujurnya tentang kue buatan Anda. Dari sinilah Anda bisa mulai berpromosi kue kering buatan Anda.
  • Kue kering dengan bentuk mudah rusak atau dengan sifat yang mudah hancur, jangan ditumpuk terlalu tinggi sewaktu menata dalam wadah.
  • Meringue, adalah salah satu kue kering yang memanfaatkan putih telur. Perhatikan cara membuatnya, pastikan wadah untuk mengocok putih telur benar-benar bersih, bebas lemak, dan kering. Kalau tidak, maka putih telur tidak akan mengembang, yang artinya gagal. Peralatan sebaiknya dibilas dengan air panas, untuk meluruhkan sisa minyak atau kotoran yang menempel. Gunakan api kecil sekali, agar tidak hangus sebelum matang.
  • Jika Anda sudah merasa cukup mahir, bisa dilanjutkan dengan resep-resep yang lainnya. Selanjutnya ciptakan formula kue kering baru dengan bentuk lebih menarik dan rasa yang khas.
  • Untuk permulaan berusaha, sebaiknya tekan margin keuntungan agar harga jual bisa lebih rendah dibandingkan harga pada umumnya.
  • Jangan takut gagal membuat kue kering, karena berdasar kegagalan itulah justru keberhasilan Anda dimulai.

Tip ini dipersembahkan Sufi S.Y & Julianti Hermono dalam buku Panduan Wirausaha Membuat Kue Kering yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka bagi Anda yang baru saja akan memulai usaha kue kering.

Buku ini akan menuntun Anda untuk memulai usaha kue kering. Dimulai dari cara memilih bahan kue kering yang benar, langkah-langkah membuatnya, menentukan harga jual, hingga tip memasarkannya. Dilengkapi pula dengan resep kue kering favorit yang sangat mudah dibuat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.