Tip Memangkas Adenium

Apakah Anda tidak iri melihat adenium tetangga Anda berbunga lebat? Kalau iya, itu berarti ada masalah pada adenium yang Anda punya. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan pemangkasan.

Pemangkasan bertujuan untuk memperbanyak cabang, sehingga tempat keluar bunga semakin banyak. Meskipun demikian, kita tidak bisa seenaknya dalam melakukan pemangkasan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan hal tersebut. Berikut ini adalah tip yang berkaitan dengan pemangkasan pada adenium.

  • Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi atau siang hari. Lakukan pemangkasan pada saat cuaca cerah. Hindari memangkas pada saat cuaca mendung atau hujan. Air hujan dapat menyebabkan luka bekas sayatan membusuk.
  • Penyiraman tidak boleh mengenai luka bekas pemangkasan, karena dapat menyebabkan bekas luka membusuk. Penyiraman dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan. Pupuk yang dapat digunakan setelah dilakukan pemangkasan adalah pupuk lengkap dengan dosis seimbang seperti Growmore Flower Special.
  • Enam hingga delapan minggu setelah pemangkasan akan muncul bunga adenium yang menutupi hampir semua tajuk. Saat ini penyiraman dapat dilakukan secara teratur dua hari sekali pada saat cuaca panas atau normal. Jika matahari bersinar dengan sangat terik, penyiraman dapat dilakukan setiap hari atau tergantung porositas media.
  • Pada saat tanaman dalam proses pembungaan sebaiknya tidak diberi pupuk perangsang pembungaan. Kelebihan pupuk dapat menyebabkan kerontokan pada bakal bunga.

Tip di atas bisa Anda baca dalam buku Problem Tanaman Hias Populer & Solusinya yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Buku yang ditulis sendiri oleh Redaksi AgroMedia ini mengulas secara lengkap seputar masalah yang kerap kali menyerang tanaman hias. Mulai dari faktor pencetus gangguan fisiologis pada tanaman hias, masalah fisiologis pada tanaman hias, hingga serangan hama dan penyakit pada tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.