Variasi Masakan Ikan dan Seafood Lezat

Sebuah anugerah besar yang tidak boleh disia-siakan bahwa negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya akan hasil lautnya. Berbagai jenis ikan dan hasil laut lainnya, seperti kepiting, cumi, dan udang tersebar di sekitar lautan nusantara. Potensi ini bisa dikembangkan menjadi nilai komoditi kuliner yang sangat kaya dan bernilai pasar yang sangat besar, baik lokal maupun internasional.

Salah satu keistimewaan ikan, selain sebagai sumber protein hewani dan mineral, ikan juga hampir tidak rusak saat dimasak. Kandungan lemak yang terdapat pada ikan sebagian besar merupakan lemak tak jenuh yang dibutuhkan pertumbuhan dan kesehatan badan. Bahkan, ikan memiliki kandungan omega-3 dan DHA yang bisa mencerdaskan otak manusia.

Dalam sudut pandang kuliner, banyak cara untuk mengolah ikan. Bahkan, setiap daerah yang tersebar di nusantara memiliki resep kebanggaannya sendiri. Dengan mengadopsi resep-resep masakan ikan mereka, kita pun bisa mendapat banyak variasi dalam mengolah ikan taut. Selain itu, ikan mudah diperoleh dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya.

Dalam menunjang kebutuhan dan pemanfaatan potensi ikan yang sangat besar ini, kita semestinya perkenalkan ikan dan hasil taut lainnya sejak dini kepada anak-anak, bahkan kalau bisa sejak bayi. Hidangkanlah masakan ikan dalam menu sehari-hari keluarga secara bergantian dengan memvariasikan ragam olahan selera nusantara yang sangat kaya akan aroma bumbu tradisional. Mulai dari olahan ikan yang sarat bumbu, olahan ikan yang dimasak dengan sedikit bumbu, hingga ikan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

Kemudian, apa sajakah resep-resep masakan ikan & seafood ini? Dalam buku “Masakan Ikan & Seafood Nusantara” yang ditulis oleh Sufi S.Y. ini, Anda akan mendapati banyak resep ikan dan seafood. Mulai dari masakan yang sarat bumbu; seperti gulai dan kare, olahan yang tidak menggunakan banyak bumbu; seperti pepes, pelas, dan sup, dan olahan yang digoreng, dikukus atau dibakar; seperti sate lilit, perkedel ikan, panggang bekaluk, dan berengkes ikan.

Melalui buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini, Anda bisa membuat lebih dari 25 masakan ikan & seafood sehingga meja hidangan Anda akan penuh variasi cita rasa masakan ikan & seafood nusantara. Seluruh resep ini, bisa diaplikasikan untuk konsumsi skala rumah tangga dan skala usaha, seperti rumah makan dan restoran.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.