Belajar Praktik Tea Blending: Seni Meracik Teh untuk Peluang Produksi Langsung dari Master Teh Indonesia

Tea blending merupakan seni dan cara menyajikan teh dengan mencampurkan berbagai jenis teh, bunga, rempah, dan aneka herbal agar dapat dinikmati oleh konsumen. Menariknya, dari sisi para peracik teh dapat memberikan nilai dan simbol dalam memaknai teh berdasarkan aroma, rasa, makna lagu, film, hingga tempat. Simbolisasi teh sesuai suasana hati, bahkan intuisinya.

 

Setidaknya ada tiga alasan penting mengapa tea blending digemari. Bagi milennial, aroma dan rasa dari tea blending menjadi alasan untuk dipilih karena nikmat. Sementara itu ada pula kalangan penikmat teh yang bertujuan untuk terapi dan kesehatan. Alasan terakhir, tea blending mudah dibuat oleh siapa saja.

Apa saja bahan campuran yang dapat dibuat untuk tea blending? Buah, bunga, herbal, rempah, yang biasa untuk dikonsumsi dapat dijadikan untuk bahan campuran tea blend. Perlu diingat, ada prasyarat untuk teknik mencampurkannya.

Bagaimana dengan tea blending ketika ditujukan untuk konsumen luas? Ratna Somantri, trainer dan tea master berpengalaman ini membagikan pengetahuan dan ilmu praktisnya dalam buku Tea Blending. Dalam buku ini, Ratna membagikan pengetahuan dan teknik mencampurkan teh untuk penyajian skala rumahan hingga peluang masuk ke market place teh.

Yang jelas soal rasa yang dihasilkan dari tea blender unik dan subyektif. Namun ada satu hal yang perlu dijaga soal aroma dan rasa, yaitu konsistensi dari rasa dan menutup kekurangan-kekurangan campuran dari bahan.

 

Resep Afternoon in Paris

Menurut Ratna, membuat tea blending layaknya membuat resep masakan, perlu ada formulanya. Racikan umum berupa teh dan bahan-bahan lain di luar bahan teh yang tentu saja aman untuk dikonsumsi. Dalam buku ini ada satu contoh resep yang diambil dari bab let’s brew your tea blend.

Sebuah contoh resep tea blending, bagaimana mencampur teh hitam, warna lemon, warna keunguan bunga lavender, dan corn, menginspirasinya Ratna membuat teh bernama Afternoon in Paris. Teh ini menebarkan pula aroma semriwing daun peppermint, hangatnya jahe yang akan mengusir lelah dan memperbaiki moods.

Berikut komposisi bahan teh yang disajikan Ratna dalam resep ini:

buku tea blending

 

Dalam buku terbitan AgroPopmedia ini, ada 30 resep teh yang dibagikan dan siap dipraktikan untuk mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang seni meracik teh, serta peluang-peluang baru menciptakan jenis produk baru dari teknik tea blending yang mudah dipelajari.

Buku ini bisa menjadi bekal untuk memompa kepercayaan diri para peracik teh pemula jika ingin melanjutkan dan menekuni bisnis teh di pasar teh yang berpeluang luas ini.

Segera miliki buku Tea Blending spesial untuk Anda yang membutuhkan pengetahuan, intuisi, dan keterampilan yang diasuh langsung dari eksperimen bertahun-tahun oleh  Ratna Somantri.

Yuk menimba ilmu teh, langsung dari master teh andal berpengalaman.

Informasi prapesan buku  Tea Blending silakan kunjungi laman pre-order ini.

 

 

Tinggalkan Balasan