Waktu Ideal Minum Kopi, Begini Cara Membaginya

 

Menikmati kopi memang sah-sah saja mau beberapa kali dalam sehari. Namun, ada anjurannya loh biar kopi kamu yang kamu minum bisa diterima dengan baik di badan kamu.

Menurut para pakar kesehatan, anjuran minum kopi sebaiknya tidak lebih dari 4 gelas dalam satu hari. Dan Minimal satu gelas dalam satu hari. Namun, semua kembali kepada kondisi tubuh penikmat kopi.

Saran di atas tidak berlaku bagi penderita penyakit maag. Hanya orang berpenyakit maag kambuhan bisa menyiasati dengan memilih jenis kopi yang akan diseduh. Misalnya, dengan menghindari jenis kopi Robusta yang dikenal memiliki kadar asam yang kuat. Kebiasaan ini bisa disesuaikan juga dengan tips minum kopi yang aman, terutama bagi menderita maag.

Waktu minum kopi memang bisa bebas. Namun ada waktu terbaik agar sesuai dengan kinerja metabolisme dan hormon tubuh. Sesuai regulasi tubuh.

Wah tampak repot ya. Sekali lagi semua kembali kepada Anda jika ingin mendapatkan khasiat yang efektif dari meminum kopi.

BACA JUGA

10 Manfaat Meminum Kopi yang Belum Banyak Diketahui

8 Cara Agar Ngopi Makin Nikmat

 

Waktu minum kopi memang bisa bebas. Namun ada waktu terbaik agar sesuai dengan kinerja metabolisme dan hormon tubuh. Sesuai regulasi tubuh.

Nah, berikut cara minum kopi yang bikin nikmat di mulut, tapi aman di perut.

Tip 1
Agar optimal dan efektif dan terasa efeknya ikuti aturan jam kesehatan tubuh. Aturan kerja jam hormon kortisol yang berfungsi sebagai pelepas gula darah, jam ideal minum kopi itu antara 9.30 hingga 12.30 untuk pagi. Sementara sore hari antara pukul 17.00 hingga jam 20.00. Waktu menyeduh kopi idealnya demikian.

Tip 2
Bagi yang terbiasa minum tiga sampai empat gelas sehari, pembagiannya seperti ini. Anda bisa menakar, misalnya menjelang siang satu sampai dua gelas. Menjelang petang dua gelas kopi.

Namun, sejatinya tidak ada anjuran baku. Sebab selain aturan jam tubuh dalam merilis hormon kortisol, ada juga beberapa faktor lain seperti jenis kopi yang diminum dan kondisi tubuh seseorang yang berbeda-beda.

Lebih lengkap tip dan informasi seputar kopi bisa kamu simak dalam buku Coffee. Buku terbitan Agromedia ini menghadirkan pengetahuan cara membuat dan meminum kopi dari banyak sisi, tetapi juga disajikan sejarah kopi, dari perkebunan hingga tersaji dalam secangkir kopi.

 

 

Foto: unsplash.com

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan